BNPT Provinsi Banten Melaksankan Kegiatan Pencegahan Radikalisme

0
24

MEDIA PATRIOT INDONESIA (MPI)  SERANG – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republikk Indonesia (BNPT-RI) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Banten  menyelenggarakan kegiatan perlibatan perempuan sebagai agen perdamaian dalam rangka upaya cegah dini radikal terorisme di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Provinsi Banten,  Rabu (22/7/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan intansi pemerintah, unsur perempuan, instansi pemerintah, dan perwakilan dari tokoh lintas agama. Baik dari agama Islam, agama Kristen, agama Hindu, dan agama Budha.

Dalam sambuatan pembukaan acara kegiatan ini, Dr. KH. Amasy Tadjudin, MM. menilai bahwa sikap perempuan yang cenderung lemah lembut dan halus, ternyata rawan dimanfaatkan menjadi pelaku tindak radikalisme dan terorisme.

“Sikap perempuan yang cenderung lemah lembut dan halus, ternyata rawan dimanfaatkan menjadi pelaku tindak radikalisme dan terorisme.” Paparnya.

Sedangkan menurut Riri selaku akademisi dari Universitas Nahdlatul Ulama Jakarta sekaligus aktivis Komnas Perempuan mengungkapkan, bahwa cara agar wanita terlindungi dari faham Radilakalisme dan Terorisme adalah harus melindungi masyarakat/perempuan yang rentan dari perekrutan kelompok garis keras, melakukan narasi alternatif online dan offline  serta mendampingi pelaku atau mantan pelaku kekerasan.” Tuturnya.

Acara kegiatan ini dibagi dalam 2 sesi hingga sore hari. Sesi ke 1 narasumbernya adalah Dr. Hj. Intang Dulung selaku Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT RI dan Dr. H. Amasy Tadjudin, MM. selaku Ketua FKPT Banten. Sedangkan sesi ke 2 narasumbernya adalah Riri Khoriroh, M.HI. dari UNUSIA Jakarta.

Acara ini dimeriahkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Selain itu juga disertai penyampaian tanggapan terhadap studi kasus radikalisme dan terorisme dari peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta  sebagai agen perdamaian.

Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan deklarasi perempuan agen perdamaian yang dipimpin oleh Siti Nurasiah selaku Ketua Bidang Perempuan dan Anak FKPT Banten.

Laporan: Asep Dedi Mulyadi Jurnalis MPI

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here