Forkopimcam Bayah Pasang Plang Di Lahan Tanah Timbul Antara Sempadan Pantai

0
44

PATRIOT INDONESIA (MPI), LEBAK – Terkait adanya tanah timbul di batas area sempadan pantai yang berada di kampung Jogjogan Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, pihak pemerintah daerah kabupaten Lebak melalui Forkopimcam Bayah, terdiri dari Camat Bayah Aan Juanda beserta jajaran Sat. Pol PP, Kapolsek Bayah AKP.  Yogie Roozandi bersama anggota dan anggota Koramil 0315 Bayah melakukan pemasangan Plang di atas lahan tanah timbul, Senin (31/8/2020).

Menurut Camat Bayah Aan Juanda, bahwa pemasangan plang ini hanya menjalankan amanat PP. NO. 16 Tahun 2004 Pasal 27 ayat 3 dan PERPU NO. 51 Tahun 1960 Pasal 3 ayat 1 dan 2, sebagai langkah pengamanan terhadap tanah negara (TN).

“Dalam hal ini, kami Pemerintah Kecamatan Bayah selaku bagian OPD pemerintah daerah (Pemda) Lebak, hanya menjalankan tugas sesuai yang di amanatkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Penatagunaan Tanah, BAB VI Pembinaan Dan Pengendalian, pasal 27 ayat 3 yang berbunyi; 

Penertiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten / Kota sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Serta menjalankan perintah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor 51 Tahun 1960, tentang Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin Yang Berhak Atau Kuasanya, Pasal 3 ayat : (1), Penguasa Daerah dapat mengambil tindakan-tindakan untuk menyelesaikan pemakaian tanah yang bukan perkebunan dan bukan hutan tanpa izin yang berhak atau kuasanya yang sah, yang ada didaerahnya masing-masing pada suatu waktu. (2), Penyelesaian tersebut pada ayat (1) pasal ini diadakan dengan memperhatikan rencana peruntukan dan penggunaan tanah yang bersangkutan.

Jadi pemasangan plang ini semata-semata hanya untuk mengamankan Tanah Negara (TN), terang Aan Juanda, saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Senin (31/8/2020).

Sementara itu, Kapolsek Bayah mengatakan bahwa kehadiran dalam kegiatan ini hanya untuk mengawal agar dapat berjalan lancar dan aman.

“Kami hanya melakukan pengaman kegiatan dan Alhamdulillah pemasangan plang dapat berjalan lancar dan aman,” kata Yogie.

Asep Kabiro MPI Banten

Laporan: Asep Dedi Mulyadi Jurnalis MPI

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here