Brigade Anak Serdadu Kota Bekasi Menggelar Kegiatan Donor Darah

0
71

Bekasi-Pionline

Bertempat di Unit Tranfusi Darah PMI Kota Bekasi jl.Pramuka No. 1, Kelurahan Margajaya Bekasi Selatan. Sabtu (24/10/2020).

Aksi Kegiatan Donor darah ini sebagai bentuk mengatasi kekurangan stock darah, karena Pandemi Corona.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Bekasi Raya. Hani Siswandi di dampingi oleh Sekjen Agung Pratikno sekaligus sebagai panitia Donor darah , kegiatan ini merupakan Program Divisi Bidang Sosial untuk mendonorkan darah dari anggota dan keluarga BAS.

BAS terpanggil untuk membantu Sesama, berupa kegiatan donor darah, merupakan aksi nyata membantu masyarakat yang membutuhkan darah, disaat emergenci.aksi nyata ini dapat menyelamatkan nyawa orang lain melalui darah yang didonorkan.
kebutuhan darah akan lebih banyak di gunakan saat pandemi Covid-19.

Meski ada anjuran social distancing, tetapi demi misi kemanusiaan dan kesehatan, tetap menghadirkan mereka secara bergelombang, tidak dalam waktu yang sama, dan mematuhi protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.

Semementara itu Maneger Mutu Dr Selvi Mayasari saat di wawancarai oleh TIM MPI mengatakan pada awal – awal pandemi susah sekali mendapatkan darah di karenakan masyarakat belum berani untuk banyak keluar rumah, kita biasanya mengadakan donor darah ke Perusahaan, Kesekolah dan kemasjid, tapi itu semua tidak bisa, jadi dulu emang susah mendapatkannya.

Tapi dengan berjalanya waktu, setelah beberapa bulan pandemi alhamdulillah sudah mulai banyak masyarakat yang mendonorkan darah ujarnya.

Selvi menambahkan Kalo untuk semua golongan darah itu hampir kita lagi kesulitan, jadi biasanya berparisiasi, jadi yang paling sulit itu memang golongan darah AB, tapi yang sakit juga alhamdulillah juga jarang jadi seimbang.


Jadi sekarang ini yang banyak dibutuhkan itu golongan A sama O permintaan yang ada, untuk mengatasi bila tidak ada , kita meminta kekeluarganya sendiri untuk mendonorkan darahnya.

Dr Selvie mengatakan banyak manfaat orang yang mendonor darahnya.
1. Menjaga kesehatan Jantung.
2. Mengurangi resiko kanker dan penuaan.
3. Sirkulasi darah lancar, karena Produksi Sel darah terus berganti dengan teratur.
4. Dapat membantu proses pembakaran kalori sehingga dapat menjaga berat badan.
5. Donor darah secara rutin dapat mendeteksi penyakit serius secara dini , karena setiap kali donor darah akan di Periksa :
* Suhu tubuh
* Tekanan darah
* Haemoglobin / kekentalan darah merah.
* Penyakit Hepatitis B , Hepatitis C.
* Penyakit Syphilis.
* Penyakit HIV/ AIDS.
* Menumbuhkan jiwa sosial /menolong sesama.
* Kepuasan batin dan masih banyak manfaat lainnya ujarnya.

Laporan : M Iqbal MPI Bekasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here