SANGAT MEMBAHAYAKAN, JEMBATAN PENGHUBUNG DI DESA KAMAL HAMPIR AMBRUK

0
33
Brebes-Pionline
Jembatan penghubung Desa Kamal hampir ambruk dan sangat membahayakan bagi pengguna jalan terlebih pada kendaraan roda empat.
Tasim,Kades Kamal menerangkan bahwa jembatan tersebut di bangun di atas   jalur sungai Rambatan sejak tahun 1995 itu artinya sudah cukup umur untuk di cek dan evaluasi perbaikan total.
” Sudah lama jembatan itu di bangun yaitu 1995″ paparnya dengan rasa prihatin.
Kepala Desa yang belum berumur satu tahun ini pun menjelaskan bahwa dia telah menyurati pihak Pemerintah Daerah dan Dinas Pekerjaan Umum ( PU,red) jelasnya.
Lebih lanjut Tasim menguraikan bahwa jembatan tersebut sudah sangat menghawatirkan.
” 90% sudah tingkat ambruknya “.
Di kesempatan lain Danramil  Larangan Mako 16 Kodim 0723 Brebes Kapten Inf.Suardi yang meninjau lokasi, menuturkannya bahwa pihak Pemerintah Daerah harus cepat tanggap mengatasi perdoalan ini.
” Pondasi Jembatan sudah retak dan sangat rentan ambruk, untuk itu Pemerintah Daerah harus segera ambil tindakan cepat mengingat jembatan tersebut merupakan sangat vital ” Paparnya saat turun di untuk mengetahui kondisi jembatan.
Tidak di pungkiri di samping sudah waktunya di perbaiki di disi lain hujan deras sejak pukul 14.00 d/d 23.00 wib sehingga debit air sungai meluap.
Pemerintah Desa Kamal hanya mampu memasang tanda peringatan dan jalur penghubung dua desa ke arah Kecamatan ketanggungan praktis terputus dan salah satu dukuh juga turut terimbas karena akses yang akan di lalui membahayakan.
Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD,red ) telah menerjunkan teamnya melihat dari dekat kondisi jembatan,untuk menyiapkan laporan dengan kesiapan tekhnis penanggulangan jika terjadi bencana.
” Bersifat antisipasi dini ” tukasnya dari salah satu team di lapangan.
Hujan yang turun secara extrim,menurut BMKG Ahmad Yani Semarang masih di prediksi menguat dengan tambahan angin puting beliung yang telah patriot langsir beberapa waktu dari beberapa desa dengan  banyak rumah yang ambruk dan tersingkap atap rumahnya merana di terjang beliung.
Di tahun 2021 Pemda Brebes harus melakukan inventarisasi Jembatan di seluruh desa agar bisa mendeteksi dalam konsep Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau melakukan lobi terhadap pusat ( APBN,red ).Dengan memiliki data base yang valid bisa menjadi acuan terhadap alokasi dana.
Begitu juga membuka jalur yang masih terisolasi bekerjasama dengan Kodim dan alat yang lain.
Laporan : Mohammad Riyadi MPI Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here