SEMANGAT CORSA LBH “ANAK NEGERI” DPC.BREBES

0
104
Brebes-Pionline 14/2-2021
Semangat Corsa Lembaga bantuan Hukum “Anak Negeri ” menjadi pembahasan pokok dalam kerangka pembinaan yang di komandani oleh Adriyanto,S.Pd selaku ketua Dewan Pimpinan Cabang Brebes.
Acara itu di laksanakan di sebuah kedai yg di hadiri anggota yang berlatar belakang ke ilmuan dan profesi.
“Masuk lembaga Bantuan Hukum Anak Negeri harus di niati untuk kebaikan,bangun komunikasi dengan nasyarakat agar Sadar dan Faham hukum ” tuksanya saat membuka Prakata di rapat kerja dengan Dewan Pimpinan Pusat Lembakum,demikian sebutan pendeknya.
Lembaga ini lahir Tiga tahun lalu dengan SK.Menkumham No.AHU.0007266AH.01.07 Tahun 2018 yang di gawangi seorang Advokat yang tidak mudah menyerah dalam mengepakkan sayapnya menajam sehingga mampu menembus ribuan kilo meter sehingga menginjak bumi Cendrawasih tanah Papua.
Tubuhnya yang kurus seperti kurang gizi, tidak menjadi halangan baginya menebar kemaslahatan dalam penegakan hukum terlebih untuk kaum marginal.
Kantor Hukum Sihabudin Zuhri,S.H dan rekan tempat menjalankan profesi sebagai advokat,yang kini sedang mengambil Sarjana Strata dua (S2-red).di IAIN Syeh Nurjati Cirebon.
” Jangan pernah menyerah,selagi kita masih bisa ” ujarnya di setiap kesempatan kumpul bersama anggota dan di forum-forum diskusi serta pembinaan.
Sebagai Ketua Umum Nasional,tentu saja tidak sedikit beban di pundaknya sebagai konsekuensi tanggung jawab nakoda gerbong organisasinya.
Namun beban tersebut, terasa ringan karena ada sokongan dari Dewan Pimpinan Pusat sebagai pelaksana harian.
Di jajaran tersebut, di isi oleh orang- orang yang sudah asam garam pengalamannya.
Sebut saja nama- nama beken seperti Hakim Riyadi Noor,S T yang meloncat pagar dari keilmuannya, ada Sunoko,S.H Advokat muda yang suka musik dangdut serta Surya Winata seorang jurnalis senior.
Sayangnya pembinaan kemarin dari DPP Lembakum karena masing- masing ada kesibukan cuma ketuanya di dampingi rekan Anggota Haji Sidik.
Di kesempatan tersebut,Hakim Riyadi Noor,menegaskan pentingnya pembekalan mental para anggota Lembakum.
Di hadapan sekitar separoh lebih anggota yang hadir dari jumlah keseluruhan ada 30 orang.
” Kita terus tingkatkan ke ilmuan dengan belajar,untuk menyiapkan mental ” paparnya dengan penekanan yang tajam.
Lebih lanjut beliau juga sampaikan bahwa wilayah hukum selalu dinamis maka harus up date.
“Kita di lapangan pasti akan menemukan hal- hal baru dalam menangani kasus,jadi pemupukan mental..mental…mental harus terjaga” sambungnya dengan semangat berkobar.
Selebihnya di katakan jangan pesimis dalam bergerak  rejeki berupa prestasi pasti mengikuti.
Beberapa point penting dari pertemuan ini,penyebaran informasi melalui penetapan Pos Bantuan Hukum di tiap desa seluruh wilayah Kabupaten Brebes,dengan harapan masyarakat lebih mengenal dan dekat saat membutuhkan pendampingan hukum.
Kemudian sebagai ikatan anggota selain sumpah,dengan hikmat dan tegas di bacakan pula Facta Integritas dan Jiwa Corsa anggota yang di pimpin oleh Riyadi Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Brebes.
Salah satu frase jiwa Corsa anggota adalah siap menerima dinamika perbedaan yang timbul dalam berjalannya roda organisasi,sebagai bentuk pembelajaran dan pendewasaan diri.
Sedangkan satu di antara isi fakta Integritas tertuang bahwa setiap anggota Harus menjaga Marwah Lembaga Bantuan Hukum “Anak Negeri ” serta Tunduk dan patuh pada AD/ART Lembakum.
Sejak berdiri cabang Brebes, hakikatnya sudah turut aktif di event – event yang di selenggarakan pemerintah baik tingkat Kecamatan maupun Desa seperti pro Justitia Covid 19, bersama Pemuda Pancasila dan organisasi kemasyarakatan lainnya.
Andrianto,sebagai ketua dengan bijaknya saat diskusi dan berbagi pikiran,mengemukakan rasa terima kasihnya teruntuk KETUMNAS bapak Sihabudin Zuhri,S.H yang tidak bosan- bosannya mensupport dan mendoakannya meski kadang sering berbeda pendapat tapi begitu telaten membimbingnya.
Tentu saja kami sangat bangga menjadi bagian Lembaga Bantuan Hukum Anak Negeri yang terus di kawalnya dan jajaran pengurus harian Dewan Pimpinan Pusat Lemakum Anak Negeri
Laporan : Mohammad Riyadi Biro Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here