OPERASI CANDI KETUPAT, APEL SIAGA DI MAPOLRES BREBES, PENGAWALAN LEBARAN 1442 H TAHUN 2021

0
49
Brebes-Pionline
Dalam kesiapan amankan jelang dan pasca lebaran Forkompinda melakukan apel siaga di Mapolres Brebes, pada kesempatan itu, Narjo,S.H,.M.H mengambil tongkat komando menjadi Inspekstur Apel (Irupel,red), untuk menyampaikan pesan dari Kapolri, dihadapan 250 personil gabungan terdiri dari, Kepolisian, TNI, Subdenpom IV/1-4, BPBD, Dishub,Satpol PP, Damkar lingkup Kabupaten Brebes.
Pesan Kapolri yang di bacakan Wakil Bupati tersebut menyiratkan point penting menyakut kesiapan pengawalan dan Keamanan jelang mudik lebaran 1442 H Tahun 2021 kali ini di antaranya adalah penegakan atas suatu pelanggaran terutama dalam pengetatan mudik secara Humanis atau orang hukum menyebutnya ” Solus populi supremasi lex Esti ” atau menggunakan pendekatan secara baik dalam melakukan tindakan atas pelanggaran oleh  pemudik.
Lebih lanjut Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, mewantikan bahwa trend Covid naik 2,03 % akibat kerumunan yang bergerak secara masif. Dari Menhub di jelaskan dalam fakta panatauan 18 juta orang bisanya melakukan pergerakan mudik yang juga sangat pengaruh pada penyebaran Covid 19.
Tahun ini secara global Seindonesia telah melibatkan 155 ribu  dengan proporsional 90,5 ribu dari Polri, 11 ribu TNI, dan 52,8 ribu gabungan Satpol PP, Dishub, Dinkes, Jasa
Marga, Pramuka dan Mitra polisi untuk di tempatkan di 381 Pos Panatauan, 1.596 siaga di pengamanan gangguan Kamtibmas Kamsalibar lantas serta 596 khusus pengamanan di pusat keramaian seperti, Mall, Terminal, Stasiun kereta apai,dll.
“Sanksi pidana di jatuhkan sebagai sanksi terakhir sebagai Ultimum Remedium”
” Niatkan sebagai ibadah dalam tugas ini “urai Narjo, yang membacakan pesan Kapolri.
Pejabat Pemda yang hadir adalah Wurja anggota Dewan Brebes yang mantan kepala Desa Walahar, mewakili Ketua  DPRD Brebes, Mohammad Haikal Sofyan Dandim 0713 Brebes, Kapolres Brebes Gatot Yulianto, SIK,.M.HP juga ada Ketua PN Brebes, Tornando Ernawan,S.H,.M.H, Supriyadi, Kasatpol PP,dr.Sartono, Kadinkes Brebes, serta Budhy Hanspur Kepala BPBD Brebes.
Opersai Candi ketupat di mulai tanggal 5/5 guna antisipasi kesiapsiagaan terutama waspada atas kriminalitas dan Teror.
Pinta Kapolri, seluruh jajaraan yang tergabung dalam tugas ini membangun Soliditas, Sinergitas dan keberhasilan operasi. Dan di ketahui banyak kendaraan yang curi- curi mata petugas  untuk bisa lolos dari pantauan petugas pengamanan mudik, berbagai cara dan alasan  di lakukan untuk bisa mengangkut para pemudik tanpa kena razia.
Untuk di Wilayah Brebes Pantura di perbatasan Losari tepatnya di kecipir, Brexit tol dan Bojong yang sering di gunakan sebagai jalan tikus.
Di akhir pesan, yang di sampaikan Wakil Bupati, Narjo sosok yang berangkat dari kader PDI.Perjuangan PAC Kersana hingga menjabat Dua Periode bersama Idza Priyanti,S,E,M.H mengurus bentangan problematikan daerah.
” Terima kasih pada seluruh jajaran yang terlibat dalam rangka pengawalan dan pengamanan Lebaran 1442 Hijriyah 2021 ” demikian pungkas arahan dan pesannya dari Kapolri.
Situasi sekarang sangat berbeda setelah 2 tahun berjalan wabah Covid 19 menyebar di negeri ini juga belum ada tanda- tanda berakhir.
Rasa getir hati tak bisa di pungkiri, orang tua dan sanak tak bisa bersilaturahmi, semua harus memaklumi, dan menyadari.
Kesehatan merupakan Prioritas dalam situasi ini..
Laporan MPI Brebes : Mohammad Riyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here