KEMENTERIAN PERTAHANAN MEMBUKA PENDAFTARAN PERSONEL KOMPONEN CADANGAN PERTAHANAN NEGARA ( BELA NEGARA )

0
143

Jakarta-Pionline

Dalam rangka memenuhi Hak dan Kewajiban warga Negara dalam upaya Pembelaan Negara Sesuai UUD 45 Pasal 27(3), Hak dan Kewajiban warga Negara untuk ikut serta dalam upaya Pertahanan dan Keamanan Negara sesuai UUD 45 pasal 30 (1) dan UU 23 Tahun 2019 tentang PSDN Untuk pertahanan Negara.

Kementerian Pertahanan mengajak seluruh warga Negara yang berusia 18 – 35 Tahun dari segala profesi untuk secara sukarela menjadi komponen cadangan (Komcad) melalui seleksi sesuai ketentuan.

komcad yang lolos seleksi langsung menerima pelatihan selama tiga bulan di Pulau Jawa. Pelatihan akan dilakukan dalam kurun waktu Juni hingga September 2021.

Proses rekrutmen akan dilakukan oleh Kementerian petahanan. Dan untuk pelatihan akan dilatih langsung oleh TNI.

Seleksi penerimaan ini akan dibagi pada minggu I, II, dan III bulan Juni 2021,
Pendaftaran Fisik Anggota Komponen Cadangan dilaksanakan pada tanggal 2 – 7 Juni 2021
untuk pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan akan dimulai sejak minggu ke – 4 bulan Juni sampai dengan September 2021. dikutip dari pernyataan resmi Humas Kementrian Pertahanan.

Ini Syarat – Syaratny umum untuk dapat bergabung menjadi komponen cadangan.

Persyaratan secara umumnya, Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, menyampaikan sebagai berikut:

– Warga negara Indonesia (WNI) berusia 18 sampai 35 tahun, secara sukarela ingin menjadi komponen cadangan. Masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komponen cadangan di Komando Rayon Militer (Koramil) setempat.

– Sehat jasmani dan rohani, serta tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

– Mahasiswa dan ASN bisa mendaftarkan diri menjadi komcad. Selesai pelatihan dapat kembali ke profesi masing-masing.

Untuk Informasi Pendaftaran dan mengisi pendaftaran calon Komcab bisa mengunjungi situs Web Kemhan sebagai berikut.

https://komcad.kemhan.go.id

Laporan Redaksi MPI : Shndy.M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here