KABUPATEN BEKASI PERLU ATURAN YANG MENGATUR TENTANG DAERAH ALIRAN SUNGAI DAS

0
68
MPI-Bekasi
Daerah Aliran Sungai DAS merupakan istilah yang mana kawasan dimana air hujan mengalir menuju penampungan air seperti Sungai/kali,danau dan rawa hingga akhirnya mengalir ke laut./ istilah DAS di dalam bahasa inggris disebut Watersheds.hampir semua propinsi dan kota madya serta kota kabupaten dan kabupaten  semua memiliki aturan yang mengatur untuk Daerah Aliran Sungai DAS
Pemerintah Kabupaten Bekasi “tidak punya aturan “Daerah Aliran Sungai DAS”
Sedangkan Pemerintah kota Bekasi Sudah beberapa tahun yg lalu mempunyai aturan  DAS  yang berbentuk PERDA no 20 tahun 2019. Penataan sungai/kali di kab Bekasi tidak mungkin bisa Maksimal apalagi  tentang Dasar Aliran Sungai juga tidak punya.
Hal ini harus menjadi pemikiran serius para Anggota DPRD Kabupaten bekasi hususnya Ketua DPRD Kabupatan Bekasi untuk membahas pengkajian aturan tersebut dengan mengajakak duduk bersama komunitas, pemerhati lingkungan,aktivis lingkungan serta melibatkan tokoh masyarakat untuk diskusi.
Komunitas Save Kali Cikarang waktu dimintai pendapat tentang pentingnya Pemerintahan Kabupaten bekasi untuk membuat aturan Daerah Aliran Sungai, Komunitas save kali cikarang meminta pemerintahan kabupaten Bekasi untuk segera mengkaji aturan Aliran Sungai agar kerusakkan lingkungan dapat di minimalisir,serta  di dirikannya komunitas yang bertujuan melastarian lingkungan khususnya konservasi dapat tercapai sesuai kiinginan masyarakat cikarang hususnya dan masyarakat bekasi umumnya.
Sebab membenahi dan menata sungai di bekasi tanpa dasar hukum semisal aturan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan aturan tentang Dasar Aliran Sungai, pasti bakal sia sia.
Catatan : Nurhasan SH/Pimpinan Redaksi MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here