Polemik Penutupan Tambang Pasir Di Desa Bedewang Yang Terkesan Tebang Pilih

0
10
MPI-Banyuwangi
Desa Bedewang,Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi merupakan surga bagi Penambang Pasir diwilayah Bhumi Blambangan.
Hal tersebut terbukti ada 4 lokasi tambang yang berbeda beda pengelolanya dalam wilayah Desa Bedewang.
Maraknya keberadaan tambang pasir menyebabkan berbagai macam persoalan di desa tersebut.Jalan dan jembatan rusak hingga air di saluran pertanian warga terganggu.
Itu semua terlepas apakah para penambang pasir tersebut mempunyai izin kegiatan atau tidak.
Memang sudah 2 Minggu yang lalu jajaran Unit Pidsus Satreskrim Polresta Banyuwangi bersama personil Polsek Songgon telah melakukan penutupan tambang pasir diwilayah desa tersebut.
Tapi masyarakat banyak yang menyayangkan perihal masih adanya 1 lokasi penambangan yang dibiarkan tetap beroperasi.Bahkan jam operasinya sering sampai malam dan ini jelas menyalahi kesepakatan yang sudah dibuat di depan warga dan perangkat desa setempat pada 2 Agustus 2021 yang lalu.
“Warga heran Mas,yang 3 ditutup tapi yang 1 masih dibiarkan tetap beroperasi.Apalagi jam operasinya sering sampai malam.Harapan warga kalau memang ditutup satu ya harus ditutup semua,”ungkap Anshori warga setempat yang juga Linmas di desanya kepada awak media Rabu,(29/9/21).
Bahkan Anshori juga menyatakan bahwa dirinya bersama rekan Linmas lainnya sudah sering melakukan peneguran tapi tambang yang disinyalir milik salah satu oknum Satpol PP itu masih tetap membandel malah kadang muncul bahasa intimidasi dari pihak pengelola tambang tersebut.
Sahril dan Abdullah warga Dusun Arjosari Desa Bedewang juga mengeluhkan hal yang sama yaitu terkait penutupan tambang pasir yang terkesan tebang pilih oleh Aparat Penegak Hukum.
“Harusnya kalau ditutup satu ya harus ditutup semua Mas,kalau masalah ada ijin apa tidak kami masyarakat tidak pernah diberi tahu.Warga juga heran kenapa tambang milik Pak Salam tetap dibiarkan beroperasi,”keluh Sahril yang diamini warga lainnya.
Terkait polemik penutupan tambang pasir yang terkesan tebang pilih di Desa Bedewang oleh Aparat Penegak Hukum ini warga berencana akan menanyakan kepada Unit Pidsus Polresta Banyuwangi untuk minta kejelasan sehingga warga biar tidak resah.
Laporan : Bambang Hermanu Hadi MPI Jatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here