WARGA BANTARAN KALI CILEMAH ABANG TUNGGU AKSI NYATA PJ BUPATI BEKASI DANI RAMDAN

0
109

MPI-Bekasi

” Krisis air bersih akibat tercemar limbah industri pada aliran air kali cilemah abang. Pejabat bupati bekasi terkesan lamban dan masyarakat disekitar aliran sungai cilemah abang terancam kejahatan industri “… H ronggo Patriot

“Tercemar apa saja misalnya KADAR SOIL, TIMBAL BERAT, POLYORETAN DAN NOX nya berapa persen. Ini Lingkungan Hidup mengetahuinya”. Ujar H ronggo

” Kami bosan pak survei sana, survei sini, bahkan ada orang yang katanya dari pusat meninjau langsung ke sini. Cuma hasilnya bertahun – tahun tidak ada perubahan “. Ujar salah seorang warga yang enggan di sebutkan namanya.

” Untuk kada PH air bagus tidak ada masalah, cuma baunya saja dan hitam Airnya, petani juga suka sama air hitam yang saat ini, karna hama jadi hilang ” Ujar Petugas Jaga Bendungan Cilemah Abang.

Satu bulan sudah berlalu, semenjak Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan melakukan sidak di kali cilemah abang. Namun hanya sehari air kali nampak bersih, setelahnya kali berubah hitam kembali bahkan dari aromanya saja sudah tercium sampai jalan raya pantura.Pj Bupati Bekasi geram.” Kalau sudah ada buktinya dan diakui oleh perusahaan yang bersangkutan, kita akan umumkan perusahaan mana saja yang membuang limbah ke Kali Cilemahabang dan mencemari sungai tersebut,” kata Dani di Cikarang.

Pemerintah daerah juga siap memberikan sanksi tegas sebagai efek jera agar perusahaan-perusahaan tersebut tidak lagi membuang limbahnya ke aliran sungai. Tambahnya Dani Ramdan.

Hasil Investigasi Media Patriot Indonesia di lapangan. Di temukanya beberapa titik sumber menghitamnya kali cilemah abang, yang bersumber dari beberapa PT di Kawasan Jababeka, ada sekitar 2 titik yang di curigai sebagai asal muasal permasalahan ini.

Salah seorang warga menjelaskan ” Iya pak dari saluran itu kadang suka keluar limbah rumah tangga warna hitam, sambil menunjuk kearah saluran air yang berasal dari dalam kawasan ”

Temuan ini perlu di dukung dari pemerintah untuk mengecek langsung ke dalam pabrik tersebut apakah benar adanya, karna dari pengamatan di ketinggian saja bau menyengat berasal dari PT tersebut, yang baunya hampir sama seperti di bendungan cilemah abang.Pemerintah Kabupaten Bekasi juga mesti mengecek kondisi WWTP / IPAL yang ada di kawasan, apakah kondisinya masih bisa menampung limbah cair yang ada di kawasan atau tidak.

Sampai berita ini di turunkan kondisi kali di dalam kawasan jababeka tidak menghitam, team Investigasi Media Patriot Indonesia akan mengecek saat kondisi sedang hujan.

Team Investigasi Media Patriot Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here