DAYEUH LUHUR, WISATA ZIARAH LELUHUR SUMEDANG

0
224

Sumedang, MPI.
Dayeuh luhur merupakan salah satu tempat di kecamatan ganeas kabupaten sumedang, jawa barat.Karena letaknya ditempat yang tinggi maka dinamakan Dayeuh luhur.
Perjalanan ketempat ini memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan roda empat dari pusat kota sumedang, Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang Indah disisi kanan dan kiri terlihat bukit-bukit kecil nan elok. Konon sejarah pernah mencatat bahwa ditempat ini pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan sumedang larang

Di Dayeuh luhur terdapat makam prabu geusan ulun serta putri harisbaya prameswari dari prabu geusan ulun. Terdapat pula makam pangeran Rangga Gempol I dan petilasan terakhir telapak kaki dibatu serta tongkat eyang jaya perkasa yang merupakan patih dari kerajaan sumedang larang dimana Konon masyarakat yang berziarah ke tempat ini dilarang menggunakan batik.
Selain itu juga di dayeuh luhur terdapat tujuh pancuran guna membersihkan diri antara lain ciAsihan, cikajayaan, cikahuripan, cikaweudukan, cideurma, ciseger, dan cipaingan.

Setiap bulan maulud tiba maka tempat ini akan ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik dari sekitar sumedang maupun dari berbagai kota lainya di jawa barat ada yang ziarah maupun hanya sekedar melihat-lihat.
Juru kunci( kuncen) generasi ke-10 makam keramat prabu geusan ulun Dudu bin nata wirya mengatakan bahwa, prabu geusan ulun memilih menetap di Dayeuh luhur karena pada waktu itu patih eyang jaya perkasa dikabarkan gugur di medan laga dalam krisis ( perang) yang terjadi antara kerajaan sumedang larang dengan kerajaan cirebon.

Dudu menyebut selain wisata ziarah Dayeuh luhur juga memiliki panorama alam yang indah dengan udara sejuk tak heran jika ratusan peziarah datang dari berbagai daerah setiap harinya.
“Peziarah yang datang kesini sekitar ratusan setiap harinya apalagi sekarang merupakan puncaknya yakni bulan maulud Dimana peziaran lebih dari biasanya. Namun menurutnya peziarah tetap dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.”tegasnya.

Aep Sunarya Kepala Biro Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here