UPAYA WARGA MENTOK, KLH BERI FAKTA BARU

0
15
MPI-Brebes, 20/10/2021
Bersitegang warga pesisir Pragpag Lor Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Hb mentok.
Advokat Adi Gunawan  dari Kantor Hukum Adi Gunawan & Rekan kuasa hukum Perusahaan menjelaskan  pada masyarakat di ruang pertemuan Balai Desa yang meminta agar perusahaan di tutup karena menganggap mencemari lingkungan dengan bau yang menyengat.
” Bau dari pabrik tersebut, membuat batuk dan muntah- muntah” ujar Rizki dan Carsini salah seorang warga.
Dalam mediasi tersebut, Adi Gunawan menjelaskan bahwa pihak perusahaan  yakni Pabrik Pengolahan Rajungan sudah memiliki izin resmi dari  Dinas Lingkungan Hidup.
Namun demikian menurutnya, Pemilik pabrik siap menutupnya akan tetapi warga perlu juga perlu  faham  dan jelas persoalan ini secara kontek yang benar ( perizinan,red).
Sebagai seorang Advokat Profesional, Adi juga tidak larut terbawa emosi warga dalam menangani puluhan warga yang menggeruduk Balai Desa untuk meminta Kepala Desa menutupnya pabrik tersebut.
” Profesional dan Proporsional saja, yang penting ada pendukung dan kemauan kuat untuk menyelesaikannya ” tukasnya saat melalui seluler.
Lebih lanjut di katakan, pabrik tersebut yang berafiliasi dengan luar negeri telah memiliki ijin operasi sesuai dengan standar yang baik termasuk pembuangan limbahnya.
” Perusahaan ini berafiliasi ke Amerika, standar jadi sangat rapi dalam pembuangan limbahnya ” urainya.
Dari pantauan lapangan yang di liput media cetak maupun online di dapat bahwa pembuangan limbah menggunakan sistem buang hidrolik dengan pembuatan sumur – sumur buangan yang selanjutnya di sedot di masukan truk dan di buang melalui pipa ke laut.
Dari cek lapangan Dinas Lingkungan Hidup ( LH,red) semua perijinan smesletter sudah terpenuhi sesuai aturan. Akan tetapi, jika warga belum puas dengan penjelasan silahkan saja datang ke kantornya untuk beraudensi dan mencari solusi terbaiknya.
Dan untuk sementara, tuduhan warga atas pencemaran lingkungan dari pabrik tersebut tidak sepenuhnya  terbukti.
Untuk itu pula muasal pencemaran yang berdampak pada warga akan di cari sumbernya secara teliti.
Pihak dinas Lingkungan hidup meminta agar warga jangan mudah terprovokasi, karena kami siap menerima pengaduan berkait dengan akses lingkungan.
Laporan : Mohammad Riyadi MPI Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here