KANWIL KEMENAG JABAR GELAR JAMARAH

0
26

Sumedang, MPI
Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat melalui Kementrian Agama Kabupaten Sumedang menggelar diskusi bertajuk Jamarah ( jagong masalah haji dan umroh) angkatan IX bersama narasumber dari direktur pengelolaan dana haji dan sihdu direktorat jendral penyelenggaraan haji dan umroh, Drs.H.Jaja Jaelani, M.M. serta anggota komisi VIII DPR-RI Fraksi PKB,   K.H.Maman Imanulhaq bertempat di puri khatulistiwa sumedang, sabtu, 13/11/2021.

Kepala Kantor kementrian Agama Kabupaten Sumedang, H.Jajang Apipudin, M.Ag. merasa bangga sumedang menjadi bagian dalam menyelesaikan masalah haji dan umroh, ia berharap para peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, penggerak wanita, serta ormas dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini guna meng-counter berita berita hoax di tengah masyarakat.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Privinsi Jawa Barat, Dr.dr.H.Adib, M.Ag. yang membuka secara resmi acara tersebut menuturkan bahwa, Jawa Barat merupakan penyumbang jemaah haji dan umroh terbanyak dengan antrean antara 20-25 tahun.
Menurutnya meskipun dua tahun penyelenggaraan keberangkatan ibadah haji dibatalkan karena pandemi covid-19 namun aktivitas untuk mempersiapkan ibadah haji tetap berjalan di kantor- kantor kemenag di seluruh jawa barat.
H.Adib menyebut dengan kuota haji yang dibatasi oleh otoritas arab saudi untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam ibadah haji dengan satu perseribu umat islam di suatu wilayah atau negara. Menurutnya persoalan ibadah haji bukan hanya semata mata kita sudah mampu akan tetapi juga kapasitas serta keselamatan di arab saudi harus menjadi prioritas.

Direktur pengelolaan dana haji dan sistem informasi haji terpadu ( sihdu) direktorat jendral penyelenggaraan haji dan umroh, Drs.H.Jaja Jaelani, M.M. menuturkan bahwa, penyelenggaraan keberangkatan ibadah haji selama dua tahun dibatalkan karena pandemi covid-19 namun ia menjamin uang yang telah disetorkan para jemaah aman tersimpan di perbankan syariah untuk selanjutnya pemerintah indonesia melalui kementrian terkait sedang melakukan koordinasi dengan otoritas arab saudi agar jemaah indonesia tahun 2022 dapat diberangkatkan.
Jaja Jaelani menyebut indonesia merupakan penyelenggara ibadah haji terbaik dan menjadi rujukan negara lain dalam penyelenggaraan haji dan umroh.
Menurutnya pembatalan keberangkatan haji tahun 2020 bukan hanya indonesia saja akan tetapi seluruh negara islam di dunia.ia berharap melalui pertemuan kali ini dengan para tokoh masyarakat dapat menyampaikan kembali informasi secara utuh kepada masyarakat guna menangkal berita hoax seputar vaksin, diplomasi dan sebagainya.

Sementara itu anggota komisi VIII DPR-RI Fraksi PKB, K.H.Maman Imanulhaq dalam paparanya mengajak para peserta agar memahami tujuan dalam beragama dengan lima prinsip utama yaitu, menjaga agama itu sendiri, menyelamatkan jiwa, istitoat fil maal, menjaga kewarasan dalam berfikir, serta mengaji dengan semangat tinggi.
Diakhir kyai Maman berharap dan meminta melalui Penyelenggaraan Haji dan Umroh agar penyelenggaraan haji semakin baik lagi serta kemandirian IPHI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here