ANTISIPASI MUNCULNYA NARKOTIKA JENIS BARU BNNK SUMEDANG PERKUAT DESA BERSINAR

0
11

Patriot Indonesia-Sumedang,
Di penghujung tahun 2021 Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumedang mencatat Angka prevalensi penyalahgunaan  narkoba selama pandemi covid-19 berdasarkan data Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang mengalami kenaikan dengan didominasi kaum perempuan dalam penyalahgunaan narkoba, dan hampir seluruh Desa di Kabupaten Sumedang mengalami kenaikan dan menjadi target peredaran gelap narkoba.

Mereka yang menjadi target peredaran gelap narkoba dengan rentan usia 15 sampai 65 tahun hal tersebut diungkap kepala BNNK Sumedang, AKBP. Heryanto S.H.dalam press release akhir tahun 2021 di kantor BNNK Sumedang jl. Pangeran Soegih no 11 kelurahan kotakulon Sumedang Selatan, jumat (31/12/2021)

Menurut AKBP Heryanto, SH yang perlu diwaspadai adalah munculnya jenis jenis narkoba baru diantaranya adalah penthinyl , sintetis dari pada opium.lalu ada tanaman kratoum yang mana tanaman tersebut sampai saat ini cukup banyak beredarnya di wilayah kalimantan dan sulawesi.

Tanaman ini berdasarkan hasil penelitian mengandung zat adiktiv tapi oleh sebagian masyarakat di wilayah kalimantan dan sulawesi tanaman ini ditanam oleh mereka dan diekspor.

BNN Katanya telah menyarankan kepada pemerintah agar adanya pengaturan dan Regulasi terhadap tanaman ini karena dikhawatirkan jika tidak ada pencegahan tanaman ini terjadi peningkatan dan kita khawatirnya akan penyalahgunaanya.

Menurut Hery, BNNK Sumedang melalui Dipa dan Hibah dari Pemda Sumedang serta berkat sinergi dengan steakholder yang ada memperkuat antisipasi, penindakan hingga rehabilitasi melalui program Desa Bersinar ( Desa yang Bersih dari Narkoba) dimana warga masyarakat desa berperan aktiv dalam antisipasi penyalahgunaan Narkoba.

Ada 10 Desa yang di danai dari Dipa dan 8 Desa dari Hibah Pemda Sumedang serta desa lainya dengan bekerjasama dengan steakholder lainya serta akademisi.

Hery menyebut dengan adanya Desa Bersinar inilah Langkah awal masyarakat untuk memproteksi diri dari peredaran gelap narkoba dan penyalahgunaan narkotika

” jadi ketika kita bicara desa bersinar salah satunya adalah kepedulian warga masyarakat yang kita bina dan kita satukan dalam wadah kelompok kerja, satgas anti narkoba dengan harapan menjadi mitra kerja kami yang mendeteksi awal  guna memberantas peredaran gelap narkoba”.tutupnya.

 

 

Aep Sunarya MPI Jabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here