TIPS & TRIK MILENIAL MELATIH KUDA RENGGONG

0
12

Patriot Indonesia-Sumedang

Pertunjukan Kesenian Kuda Renggong Sumedang sangat diminati berbagai kalangan baik Orang tua maupun usia muda hingga banyak Anak- anak muda mau terjun menjadi penerus kesenian warisan leluhur sumedang tersebut.

Salah satunya adalah Dede Kurnawan seorang milenial asal dusun Boros Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang yang memiliki kepedulian melestarikan budaya warisan secara turun temurun tersebut.

Menurutnya kaum milenial bisa tertarik dengan kesenian kuda renggong dari pada terjerumus pada hal yang negatif Dede mengajak untuk sama sama melestarikan serta mengembangkan budaya melatih kuda renggong untuk lebih dikenal lagi, dimana kaum milenial lebih gampang menyerap informasi dari media sosial sehingga lebih gampang untuk terekspose.

Banyak kaum muda di sumedang yang mencoba terjun pada kesenian  kuda renggong dari mulai penuntun kuda, pelatih, hingga penabuh dan pengiring musik juga banyak didominasi anak anak muda sumedang yang kreatif.

Dede Kurnawan menceeitakan bahwa proses belajar kuda renggong beda kuda beda juga cara melatihnya beda cara dan banyak tekhnik tergantung umur dan cara kuda menyerap informasi ( ada kuda yang calakan dan bodoh ) menurutnya melatih kuda renggong sebaiknya pada umur 3 tahun pas keluar taring.

Tahapan dalam melatih kuda menurut Dede Kurnawan pertama kuda ajak jalan dulu jalan cepat aja dulu jadi ikutin aja udah itu maunya bagaimana, terus kita coba masukin pakai alat Pecut supaya nambah iramanya jangan dipaksakan kalau kuda udah ada nafasnya ngos-ngosan berhenti dulu istirahat.

Dalam sehari paling lama maksimal 3 jam buat Ia belajar  selebihnya kita Rawat kita bersihkan badannya lulur setelah itu  nanti juga dia Seiring berjalannya waktu seiring kita mengikuti irama udah itu Alhamdulillah berhasil.

Tantangan terberatnya menurutnya yaitu bagi sebagian kuda ada yang takut/ kaget sama alunan musik dan ada juga yang takut dengan banyak orang, menurut Dede tantangan terberat lainya adalah pada saat kuda jalan ditempat yang bisa menghabiskan waktu melatih hingga 4 bulan.

 

 

Aep Sunarya MPI Jabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here