AD/ADRT ADALAH RUH DARI SEBUAH ORGANISASI

0
30
MPI-Bekasi
Kalau berbicara tentang organisasi tentu tidak lepas dari sebuah perkumpulan lebih dari satu atau dua orang yang mempunyai
visi misi yang sama untuk mencapai sebuah satu tujuan yang sama dan bermanfaat untuk pengurus, anggota serta organisasi  tersebut hingga ke masyarakat luas.
Dalam sebuah organisasi haruslah mempunyai ruh organisasi tersebut yang di tuangkan dalam sebuah pedoman dasar yang telah di atur dalam sebuah musyawarah besar(MUBES) guna mengatur segala keperluan peraturan, struktur dari pembinan hingga anggota di paling bawah, serta mengatur peraturan yang harus di ikuti oleh semua anggota, serta tata cara pengambilan keputusan didalam organisasi tersebut yang di tuangkan dalam sebuah Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART).
Untuk mencapai sebuah organisasi yang bermartabat tinggi dan berkualitas tentunya organisasi harus benar-benar mengikuti pedoman dasar yang telah di tetapkan dalam ADRT terutama dalam pengambilan keputusan atau menetapkan suatu peraturan haruslah sebuah organisasi mengikuti ADRT tersebut karna dengan menggunakan ADRT tentunya sudah memenuhi hak suara semua anggota di dalam organisasi tersebut.
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan
Catatan Pimpinan Redaksi Media Patriot Indoaesia
              Nurhasan SH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here