*BEKASI DALAM CATATAN JURNALIS PATRIOT  II*

0
30
MPI-Bekasi
Ada beberapa sungai di Kabupaten Bekasi yang terindikasi tercemar limbah industri. Pencemaran di tenggarai sudah sampai pada tahap yang sangat mengkhawatirkan
Soal pencemaran dapat terlihat dari keberadaan ikan di dalam sungai itu yang kini sudah tidak terlihat lagi.
Masyarakat yang sebelumnya menggunakan air sungai untuk keperluan rumah tangga juga tidak lagi dapat dimanfaatkan.
Saat ini, pencemaran sudah sampai pada tingkat yang sangat berbahaya. Karena pencemaran itu mempengaruhi hasil hasil pertanian.”Hasil pertanian di wilayah utara yang selama ini menggunakan air sungai yang tercemar telah mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas. Belum lagi kerugian petani tambak yang ikannya mati menggunakan air tercemar limbah.
tingkat pencemaran itu mempersulit masyarakat yang tinggal di sisi kali untuk mendapatkan air bersih. Saat ini, kata dia, banyak masyarakat yang menggali sumur baik itu artesis maupun sumur pompa, airnya tidak akan bagus. Sebab, airnya sudah berbau, berminyak, dan warnanya keruh dan sangat tidak layak untuk dikonsumsi.
 Corporate Social Responsibility (CSR) dari pelaku industri untuk penanaman pohon di bantaran sungai dan kesadaran perusahaan untuk tidak membuang limbah di sungai, sementara masyarakat sekitar aliran sungai akan dilibatkan dalam program eco village dengan membentuk bank sampah.
berharap keterlibatan pelaku industri dan masyarakat menjadi pemicu pihak lain peduli kepada lingkungannya.
Jurnalis MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here