Timbunan Sampah Dari Pasar Sedan Hingga melewati di Pinggir Jalan  Menebar Bau yang Menyengat

0
87
MPI-Rembang  Bertempat di Desa Sedan,kecamatan Sedan Rembang
Pembuangan sampah ilegal adalah kejahatan serius.Terindikasi bakal terjadi pencemaran lingkungan hidup,Keberadaan tempat pembuangan sampah akhir yang di duga tak berizin serta tidak sesuai dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
Saat Media Patriot Indonesia melakukan cek lokasi hari Jumat tanggal 18 Maret 2022.TPA sangatlah miris, TPA yang kurang lebih ada Kisaran 200 meter tersebut ternyata lahan merupakan milik warga yang di sewa pihak pasar Sedan, perbulan 300 ribu rupiah. Bahkan saat  wartawan Patriot Indonesia menemui salah satu pegawai kebersihan pasar yang sedang membuang sampah dengan kendaraan tossa berpelat merah menyatakan, jika sewa lahan yang di pergunakan untuk TPA tersebut di sewa cuma secara lisan.
Bahkan pegawai K3 berinsial K juga menambahkan,  “Pasar tidak mempunyai pembuangan sampah jadi sewa lahan warga,” paparnya.
Ia juga menjelaskan bahwa, sewa lahan tersebut untuk pembuangan sampah juga di ketahui kepala Desa setempat.
Lahan pembuangan sampah itupun di sewa pihak pasar Sedan kurang lebih kisaran empat tahun berjalan hingga sekarang.
Keberadaan TPA tersebut tepat berada di jalan Desa Sedan, menuju Desa Gesikan dan Mojosari, bahkan saat kami konfirmasi ke salah satu  warga yang kebetulan lewat mengatakan, jika sampah itu sangat menganggu apalagi kalau sampai itu sudah penuh sampai ke bahu jalan sehingga sangat mengganggu para pengguna jalan,” papar orang yang kami temui.
Bukan hanya itu, bau busuk yang sangat menyengat pun sering kali di rasakan, apalagi jika musim penghujan bau busuk itu malah sangat menyengat.
Pada saat kita Tim media menyatakan tentang status pasar Sedan kepada Kadin Indakop Mahfudz via WhatsApp , ” pasar sedan memang terdaftar di Indakop , kalau tentang permasalahan sampah pihaknya dan Pasar Sedan sedang mengupayakan kontainer untuk pembuangan sampah sementara,” jawab Mahfudz . Dan kita pun di arah untuk konfirmasi kepada Kabid Pasar Sedan , akan tetapi belum ketemu.
Jelas , sudah ada Peraturan tentang Pembuangan Sampah sembarang yakni Perda kabupaten Rembang No 1 tahun 2019 di Bab XIII pasal 32 sedang sanksinya tertuang di pasal 38 .
Seharus di sediakan tempat pembuangan sampah sementara , TPA / Tempat pembuangan sampah akhir dan juga TPS 3R.
Jurnalis MPI  Tanti dan Azis Rembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here