Siapakah Penjabat Bupati Bekasi Pengganti Akhmad Marjuki ?

0
33
MPI-Bandung
Masa jabatan Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki akan berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang. Dalam waktu dekat DPRD bakal menggelar rapat paripurna usulan pemberhentian Plt Bupati Bekasi. Agenda tersebut sebagai tindaklanjut surat Gubernur Jawa Barat tanggal 16 maret 2022.
Dijelaskan dalam surat Gubernur tersebut bahwa masa jabatan Bupati Bekasi dan Wakil  Bupati akan berakhir pada 22 Mei 2022.
Maka, 30 hari menjelang masa jabatan tersebut berakhir, DPRD Kabupaten Bekasi diminta mengelar rapat paripurna sebagaimana pasal 79 Ayat (1) Undang- Undang  23 tahun 2014. Nantinya, DPRD  menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan  pemberhentian kepala daerah karena berakhir masa jabatannya.
Ditemui SMSI Bekasi dan IWO Indonesia DPD Kab Bekas di aula gedung DPRD Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil memastikan pengganti Plt Bupati Bekasi diusulkan oleh dari Pemprov Jabar.
Lelaki yang akrab dipanggil Kang Emil ini mengatakan bahwa proses usulan pemberhentian Plt Bupati Bekasi dan pengusulan dilaksanakan sesuai prosedur dan tepat waktu.
“Rencananya akan digelar di tempat masing-masing,” kata Kang Emil.
Kang Emil mengumpamakan jikalau jabatan Gubernur
kosong maka, pejabatnya diusulkan pihak Kementerian.
Begitupun ketika jabatan Kepala Daerah di Kabupaten dan Kota kosong, maka pejabatnya diusulkan dari Propinsi.
“Tidak ada kriteria khusus, terpenting calonnya merupakan pejabat eselon 2,” kata Kang Emil.
Dia mempersilahkan jika ada calon Penjabat Bupati Bekasi yang hendak diusulkan SMSI Bekasi dan IWO Indonesia DPD Kabupaten Bekasi.
“Silahkan kalau mau mengusulkan, tapi tetap hak prerogatif ada di saya,” tandasnya.
Redaksi MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here