LATAR BELAKANG PENANGGULANGAN BENCANA, DANI RAMDAN TEPAT JABAT BUPATI BEKASI

0
116

 

MPI. Harus diakui Kabupaten Bekasi kekurangan ruang terbuka hijau (RTH). Tentu saja. Sebagai daerah padat industri setidaknya dalam hitungan kasar tidak kurang dari 4000 an industri yang tersebar di 6 Kecamatan yang ada di kabupaten Bekasi.Memiliki kawasan industri yang besar, keberadaan RTH menjadi begitu penting untuk menangkal polusi udara.

Sekedar mengingatkan
Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, setiap wilayah kota wajib memiliki RTH minimal 30 persen dari luas wilayah. Sebanyak 20 persen di antaranya menjadi kewajiban Pemerintah Daerah untuk mendirikan RTH. Sedangkan, sisanya kewajiban swasta setiap kali mengajukan perizinan.

Setidaknya tujuh Kecamatan padat industri di Kabupaten Bekasi wajib memiliki RTH karena dikategorikan sebagai wilayah Kecamatan padat industri. Sebut saja Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Cibitung, dan Tambun Selatan.

Kurangnya RTH sebagai masalah, belum lagi menyangkut perkara pencemaran lingkungan akibat human eror dan keteledoran pihak industri dalam mengolah limbah sisa industri. Terhadap pembiaran yang berlarut larut soal pencemaran lingkungan maka hal ini masuk katagori kejahatan lingkungan dan ini merupakan teror kemanusiaan.

Untuk itu jika Dani Ramdan di tugasi sebagai Pejabat Bupati Bekasi rada cocok lantaran berlatar belakang Pejabat penanggulangan Bencana. Bukankah pencemaran lingkungan juga merupakan bencana.

Lelaki kelahiran Garut Pada tahun 1970 lulus APDN dan menyelesaikan S3 di UNPAD. H Dani Ramdan memang sepesialis Pejabat Bupati.
September 2020 Dr. H. Dani Ramdan, MT juga sempat dikukuhkan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pangandaran. Lantas, Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI No:131.32-1374 Tahun 2021 tanggal 21 Juli 2021, tentang pengangkatan Penjabat Bupati Bekasi maksimal masa jabatan satu tahun. Lakukan yang terbaik buat Kabupaten Bekasi sekaligus mempersiapkan Bekasi untuk Bupati difinitip hasil Pilkada serentak kelak.

 

KH Ir Ronggositrisno Tahir Bchk/PU PatriotIndonesia.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here