PERSUASIF JELANG DAN PASCA PILKADES SERENTAK

0
6

MPI-Brebes 17/5-2022
Perhelatan besar besok akan di gelar oleh Pemda Brebes serentak sebanyak16 Kecamatan dan 43 desa.
Penyelenggaraan yang banyak di nanti oleh masyarakat untuk memilih dan atau mempertahankan pemimpin incomeben untuk menduduki kursi panas yang di perebutkan dalan kompetisi PILKADES.
Diakui atau tidak perhelatan ini bisa menimbulkan konflik horisontal pra atau pasca pemilihan bagi tiap- tiap pendukung jagoannya untuk di sandingkan sebagai pemenang.
Dalam antisipasi, team gabungan dari pelbagai unsur di libatkan seperti keterangan yang di himpun ada sebanyak 1.049 personil 430 dari Polres Brebes,215 TNI Kodim 0713Brebes,215 Satpol Pamong Praja,90 BKO Brimob Polda Jateng,30 BKO Samapta Polres Pemalang dan 30 BKO Tegal Kota.
“Semua di terjunkan untuk melakukan pengamanan dan mencegah sedini mungkin terjadinya konflik di masyarakat ” terang Kapten Suryadi,SH Kaopsi Kodim 0713.
Apel siaga yang di gelar 14 Mei 2022 lalu sebagaimana biasa dilakukan,karena tidak di pungkiri pasti akan terjadi mobilisasi dari pendukung calon sehingga gesekan antar pendukung yang menimbulkan cheos dapat minimalisasi.
” Personil yang di terjunkan akan terus menjaga sikap humanis namun bisa tegas saat di butuhkan ” lanjutnya saat di tanya awak media pola dan sistem yang akan di terapkan di lapangan.
” Tugas intinya menjaga Keamanan,Ketertiban masyarakat, sehingga para pemilih merasa nyaman selama proses sebelum dan usai pelaksanaan coblosan ” imbuhnya.
Di sisi lain juga di tegaskan olehnya bahwa penyampaian informasi pada masyarakat tentang bahaya menularnya virus Covid 19,untuk itu di minta semua orang yang berada di area pemilihan menggunakan masker sebagai antisipasinya.
” Harus itu,tak terkecuali ” tegasnya.
Begitu juga, personil yang menjaga di lokasi atau desa yang di adakan pilkades sampaikan jangan terpancing terhadap provokasi serta bersikap netral dalam bertugas meski ada hubungan keluarga ataupun pertemanan.
Menurut rilis Pemda Brebes hajat Pilkades ada sekitar 14 Kecamatan
yakni salem ,(1),Bantarkawung
(6),Tonjong (3)
Bumiayu(3),Paguyangan(3),Jatibarang(2)
Wanasari(3),Brebes(4)
Kersana(1) Losari(2)
Tanjung(1)
Bulakamba(4),
Larangan(4),Ketanggungan(3)Banjarharjo(1) serentak besok Rabu,18/5-2022 pemilihan yang secara demokrasi mencari pemimpin yang di harapkan untuk masa depan desa serta kesejahteraan masyarakatnya.
Seluruh personil di terjunkan Selasa,17/5-2022 ke tempat bertugasnya dan di tarik kembali pasca pencoblosan ketika benar- benar kondisi desa di pastikan sudah aman dan terkendali.
Disinilah tugas Babinsa dan Babinkamtibmas menjadi peran penting untuk memberikan bimbingan dan penerangan pada masyarakat cara berdemokrasi yang baik tanpa konflik horisontal ataupun vertikal yang akan merugikan masyarakat sendiri.

— Salam Demokrasi—

Jurnalis
Mohammad Riyadi
Biro Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here