Bupati Dani di Tengah Kekosongan Kepala Dinas Definitif Dan Menghadapi Tahun Politik

0
35

 

PATRIOTINDONESIA – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum baru saja melantik Dr. Dani Ramdan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bekasi menggantikan H. Akhmad Marjuki yang telah habis masa tugasnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sisa masa bakti hingga tahun 2022.

Pelantikan Pj Bupati Bekasi, Dr. Dani Ramdan yang berlangsung di Komplek Gedung Swantantra Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, pada Senin (23/5/2022) itu diharapkan mampu untuk dapat melaksanakan dan menjalankan tugas pokok bupati serta fungsi utama sebagai Pj Bupati Bekasi.

Pesan Wakil Gubernur Jawa Barat itu disampaikan saat melantik Dani Ramdan. Tidak sekedar itu, “diharapkan juga untuk menyelenggarakan pemerintahan dan melanjutkan pembangunan serta kegiatan kemasyarakatan.” Demikuan pesan Wagub lebih lanjut.

“Adalah yang melaksakan penyelenggaraan urusan pemerintahan sudah tentu oleh bupati dan perangkat daerah kabupaten sebagai unsur penyelenggaranya. Eksekutif pemerintahan
bersama DPRD yang bakal melaksanakan.” Pesan normatif Wagub Jabar saat melantik.

Di sinilah kekuasaan eksekutif dan legislatif mempersiapkan pembangunan kembali atas Kabupaten Bekasi yang beberapa waktu lewat cukup terseok-seok lantaran banyak dinas-dinas tidak berkepala dinas ‘definitif’ sebagai pengguna anggaran. Akibatnya, mudah diterka, mata anggaran APBD penyerapannya tidak maksimal.

Memang, waktu kerja sebagai penjabat bupati cukup singkat untuk membenahi berbagai persoalan di Kabupaten Bekasi, rumit memang.

Latar belakang sebagai kepala penanggulangan bencana, saya rada optimis bahwa Dani dapat memilah-milah untuk memprioritaskan mana yang harus dikerjakan.

Setidaknya mempersiapkan Kabupaten Bekasi untuk dilanjutkan oleh bupati terpilih hasil Pilkada serentak Tahun 2024 kelak.

Itupun jika bupati terpilih kelak memiliki Skilleadership yang mumpuni. Dan Harus pula mempunyai sistimatika berpikir interpreaneur dan memahami kondisi Bekasi secara leterer serta geografis.

Pesimis sih tidak, sadar betul para pejabat bupati yang dilantik ini menghadapi tahun-tahun politik. Kita berharap semoga saja Pj Bupati sekarang ini tidak terecoki oleh tahun politik.

KH Ronggosutrisno Tahir/PU MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here