Setelah Purna Tugas H. Akhmad Marjuki Berangkat Ketanah Suci Untuk Ibadah Umroh

0
22

MPI-BEKASI
Setelah berakhir Menjabat PLT Bupati Kabupaten Bekasi H.Marjuki 22 Mei 2022 melakukan Umroh Pada hari Jum” at Tanggal 27 mei 2022.

Ibadah haji ini sudah ada sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW. Dalam Alquran tidak disebutkan kapan ibadah haji pertama kali dilakukan manusia.

Namun, dalam Surat Al Maidah ayat 27 menganai kisah Qabil dan Habil disebutkan saat itu Nabi Adam AS pergi meninggalkan kedua anaknya ke Mekah untuk ziarah dan melihat Mekah. Allah Swt, berfirman, “Tahukah kamu bahwa Aku mempunyai sebuah rumah di bumi ini?” Adam menjawab, “Ya Allah, saya tidak tahu.”
Allah Swt berfirman, “Sesungguhnya Aku mempunyai sebuah rumah di Mekah, maka datangilah.

Setiap tahun puluhan juta umat Islam mendambakan dirinya pergi ke Tanah Suci (Makkah) untuk menunaikan ibadah haji, ataupun ibadah Umbro, Bahkan, saat ini sekitar empat hingga lima juta umat Islam dari berbagai negara di dunia sedang bersiap diri melaksanakan ibadah haji.

Pelaksanaan ibadah haji telah diperintahkan oleh Allah SWT sejak zaman Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW.

Dan, ibadah haji merupakan sebuah perjalanan ritual dalam menghayati hakikat hidup dan keimanan kepada Allah SWT. Demikian dikemukakan intelektual Muslim asal Iran, Ali Syariati, dalam bukunya, Al-Hajj.

Menurut Ali Syariati, ibadah haji adalah sebuah demonstrasi simbolis dari falsafah penciptaan Adam. Gambaran selanjutnya adalah sebuah pertunjukan akbar tentang hakikat penciptaan, sejarah, keesaan, ideologi islam, dan ummah.
“Allah adalah sutradaranya. Sedangkan, skenario atau temanya adalah tentang perbuatan orang-orang yang terlibat dan para tokoh utamanya adalah Adam, Ibrahim, Siti Hajar, Ismail, dan iblis. Adapun lokasinya di Masjidil Haram (Ka’bah), Mas’a (tempat sai), Arafah, Masy’ar, dan Mina. Simbolnya adalah Ka’bah, Safa, Marwa, siang, malam, matahari terbit, matahari tenggelam, berhala, dan upacara kurban. Pakaiannya adalah ihram dan aktor dari peran-peran dalam pertunjukan itu adalah umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah haji,” kata Ali Syariati.

Sebagaimana dijelaskan dalam berbagai literatur mengenai ibadah haji dan umrah, pelaksanaan ibadah haji telah disyariatkan sejak zaman Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW. Adapun tata cara ibadah haji yang disyariatkan kepada para nabi dan rasul itu umumnya lebih banyak berkisar pada pelaksanaan tawaf atau mengelilingi Ka’bah.

M Iqbal Kausar MPI Bekasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here