TEKHNIK JITU KODIM 0713 BREBES JAGA SITUASI DAN KONDISI

0
30

MPI-Brebes 6/6-2022
Gebrakan baru yang di gagas oleh Letkol ARM Mohamad Haekal Sofyan,yang menginjak Tiga Tahun bertugas di Brebes senantiasa membuat kejutan.

Perhatiannya pada anggotanya terlebih pada keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berkehidupan menjadi sorotan tajam.
” Dalam situasi apapun kami harus siap di lapangan untuk memberi rasa nyaman di masyarakat ” tuturnya pada satu kesempatan dengan media.
.

Lebih lanjut lagi bahwa dalam dekatnya tahun politik 2024 tentu saja eskalasi konflik pasti meningkat.
Pemikiran yang tajam ini di aplikasikan nyata di lapangan gugus tugas tersebut di laksanakan oleh Babinsa 06 Kersana melalui PJs.Danramilnya,Kapt.Inf.Surikan yang langsung menyikapi pesan tersebut.

Dan Pemudalah di jadikan lem perekat oleh Koramil 06/Kersana.
Melalui arahannya terhadap seluruh Babinsa bahwa kita terus menggali informasi dan mendeteksi kemungkinan yang akan terjadi sehingga sedini mungkin.


  • ” Sebagai seorang prajurit,harus siaga dimana dan kapanpun untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat ” pesannya singkat.

Fakta sejarah telah membuktikan rakyat adalah Ibu kandung Tentara Nasional Indonesia ( TNI,red),itu artinya begitu lekat dan tidak dapat di pisahkan.
Pendekatan persuasif dan humanis harus menjadi modal dasarnya.
Pemicu konflik sering terjadi di mulai oleh pemuda yang pemikirannya masih labil yang sedang mencari jati dirinya serta mudah terprovokasi.

Sisi ini yang di bidik Koramil 06/Kersana, Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes dengan mengerahkan seluruh potensi Babinsanya.
Sholehudin (34) salah satunya sosok muda berpangkat Sersan Dua ( Serda,red) yang baru masuk ke jajaran Koramil 06/Kersana sekitar Dua bulan lalu di mana sebelumnya
menjadi anggota Babinsa dengan mengampu Dua Desa yakni Desa Dukuh Tengah dan Desa Dukuh Turi Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes.

Prestasi di dua desa tersebut secara naluriah sebuah tanggung jawab ingin terus di laksanakan di tempat posisi sekarang.
Melaksanakan aksi dengan menggandeng pemuda dan di libatkan turut berpatroli.
Mencegah kenakalan remaja di kalangan masyarakat, Babinsa Koramil 06 Kersanapun Kodim 0713 Brebes, Serda Solekhudin melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos,red) dengan para pemuda, di Desa Kersana, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Minggu malam (05/06/2022).

Kegiatan Patroli wilayah rutin dilakukan Babinsa, guna mengetahui perkembangan dan permasalahan yang terjadi di wilayah binaanya. Seperti halnya yang dilakukan malam ini oleh Serda Solekhudin yang yang di karuniai 2 (dua anak ) umur 6 dan 2 tahun.
Saat Patroli beliau menunjukan watak familiernya seperti saat melaksanakan Komsos bersama para pemuda di Desa binaanya
Dalam kesempatan tersebut Babinsa memberikan himbauan agar para pemuda dapat ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat guna mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat.

“Pentingnya peran para pemuda dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk itu para pemuda di desa sebaiknya membentuk wadah tempat berdiskusi dan akselerasi agar dapat menemukan ide-ide positif, yang bermanfaat bagi dirinya ataupun masyarakat ” paparnya saat di sambangi Patriot.
Jebolan bertugas di tanah emas tembaga Papua ini,setidaknya
sedikit banyak telah belajar menghadapi tantangan di masyarakat.

“Saya juga menyampaikan pada para pemuda didesa binaan agar jangan mudah terprofokasi sehingga dapat mengakibatkan perkelahian atau tawuran, karena akan dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat banyak, serta menghindari miras dan narkoba, yang dapat merusak masa depan mereka,”
Pesannya saat di sampaikan di tengah berpatroli.

Lebih lanjut di katakannya bahwa ada rasa prihatin jika pemuda yang banyak memiliki ide potensi dan berkarya terbuang percuma.
“Mereka merupakan generasi penerus Bangsa, yang harus kita didik dan arahkan. Agar jangan sampai tersesat pola pikir dan merusak masa depanya,” ungkap Serda Solekhudin dengan rasa prihatin karena pemuda sekarang mudah tersulut api provokasi.
Malam itu menjadi simbol orkestra yang di mainkan,tertata rapi dan sarat pesan yang komunikatif.

Serda Sholehudin telah memulainya langkah yang di gagas pimpinannya, semoga ke depan lebih banyak pemuda di tiap desa
menjadi panutan serta menjadi kebanggaan masyarakat sekitarnya
serta sebagai putra desa yang berguna.

Jurnalis
Mohammad Riyadi
MPIBrebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here