KEDAPATAN MEMBUANG LIMBAH DI KALI SADANG, SANKSI ADMINISTRATIF TAK MEMPAN, PENCEMARAN SEMAKIN MENJADI

0
170

MPI-BEKASI

Dengan adanya pemberitaan di Media online yang terus menyoroti Pencemaran lingkungan yang ada di Kali Sadang tepatnya di pasar Rengas Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung yang tercemar Limbah dari perusahaan yang ada di Wilayah Kabupaten Bekasi membuat Viral sehingga para pejabat turut menyidak langsung dan melihat kondisi kali sadang.

Baru baru ini komisi III DPRD Kabupaten Bekasi meninjau langsung ke kali Sadang dan menyapa warga Wanajaya Kecamatan Cibitung yang terdampak adanya Limbah serta adanya bau yang menyengat bikin Pusing dan sesak napas warga sekitar. ” kami khawatir keracunan udara pak karna baunya membuat tidak bisa nafas” keluh salah seorang warga vila mutiara.

Team investigasi Media menemukan adanya saluran pipa Pembuangan limbah Industri yang airnya berwarna begitu pekat dan team investigasi mengambil sample airnya, temuan tersebut pada tanggal Kamis 06 01 2022 Jam 15:25 WIB disaat hujan reda.

Dan membuat laporan ke dinas Lingkungan Hidup (LH) dan jawaban dari Eman Sulaeman, S.E., M.M., sebagai Plt.Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mengatakan berterimakasih kepada Media yang telah melaporkan penemuan pembuangan Limbah Industri yang ada di perbatasan antara dua (2) Desa tersebut kepada DLH kabupaten Bekasi, laporan tersebut langsung ditindak lanjuti, dari proses yang cukup panjang, Alhamdulillah PT MKI yang membuang limbahnya kesungai Sudah diberikan Sanksi administratif,”ujarnya .

Saat awak media mewawancarai PJ Bupati Kabupaten bekasi Dani Ramdan disaat meninjau komoditi food Estate di Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung beberapa minggu yang lalu mengatakan kalau kami media dapat data pt atau perusahan buang limbah yang di kali sadang ” yang mencemari kali jadi berwarna merah dan bau bagiamana ” bupati menjawab silakan hubungi Saya” kirim data ke saya,” Tuturnya

Kemudian awak Media pun mengirim pesan WhatsApp kepada Pj Bupati Dani Ramdan Dengan mengirimkan video rekaman air limbah industri yang keluar dari pipa pembuangan yang airnya berwarna Hitam Pekat dan Merah.

Ini jawab bupati melalui WhatsApp messenger ” Lokasi dimana, saluran pembuangan pabrik apa, kapan waktu video ini dibuat ?
Bukti pencemarannya agar diserahkan ke DLH besok hari Senin, minta tanda terima laporan dan penyerahan barang buktinya – WA kan ke saya tanda terimanya.Selasa saya akan panggil Plt. Kadis LH nya untuk menjelaskan tindak lanjut dari laporan dan barang bukti yang anda serahkan. Ucap PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan kepada awak Media.

Sudah berjalan lebih dari dua bulan Sanksi administratif dijatuhkan kepada PT pelaku pembuang limbah. Tetapi bukan menghilang limbah tersebut yang ada semakin menjadi. Masyarakat menunggu tindakan tegas kepada perusahaan yang sudah muncul namanya di meja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. Jangan sampai ini menjadi ajang pencitraan saja para pejabat yang telah melakukan sidak tempat.

Ctr.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here