Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 Siswa SMAN 1 Kota Bekasi, Mengadakan penanaman mangrove dan pungut sampah di Muara gembong Kabupaten Bekasi

0
33

 

MPI-Bekasi

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022. Siswa SMAN 1 Kota Bekasi Peduli dengan lingkungan, Mengadakan penanaman mangrove dan pungut sampah di daerah pemukiman nelayan , Kampung Beting RT 03 Rw 02 Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong Kab. Bekasi, Sabtu, (11/06/22).
Begitu banyak manfaat Mangrove untuk kehidupan, selain dapat mencegah instrusi air laut, erosi dan abrasi pantai yang kerap terjadi pada daerah-daerah yang berada di pesisir pantai, Mangrove dapat berefek menimbukan ekosistem baru bagi munculnya habitat hewan darat, udara dan air seperti lutung, burung, udang, ikan dan kepiting bakau.

Di tengah keadaan lingkungan yang semakin mengkawatirkan, penting untuk kita terus berupaya memperbaiki dan menjaga lingkungan agar tetap lestari, tak terkecuali hutan mangrove. Tanaman mangrove, atau yang juga disebut tanaman bakau ( Rhizopora ) mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan.

Dengan Tema “ Mangrove For Earth ” Peduli Mangrove SMAN 1 Kota Bekasi menginisiasikan dan menginspirasi kepada sekolah lain nya untuk mencintai dan memperbaiki hutan mangrove. Sebagai generasi restorasi butuh keberanian dan mental kepedulian yang cukup untuk bisa menanam mangrove yang lokasi penanaman nya sulit dijangkau yaitu diwilayah pesisir pantai kecamatan muara gembong kabupaten bekasi.

Dengan semangat, siswa SMAN 1 Kota Bekasi beserta guru dan kepala sekolah (Dr. H. Asep Jamal N, M. Pd) yang langsung mendampingi anak didik nya. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih siswa untuk menggali kepedulian nya antar sesama dan juga dengan alam semesta.

Kegiatan ini tidak hanya belajar dan menanam mangrove namun juga di isi dengan pungut sampah di sekitar lokasi penanaman, edukasi fungsi kawasan hutan mangrove, pengetahuan plastik ramah lingkungan, buang sampah dengan bijak, baksos dengan berbagi buku, baju bekas layak pakai dan sembako. Siswa berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat pesisir langsung.

Siswa juga menikmati makanan kecil hasil olahan dari mangrove yang dibuat oleh Paguyuban masyarakat dan petani mangrove (UMKM Kebaya – Kelompok Bahagia Bersama), Kemasan Produk nya sudah cukup baik seperti keripik, sirup, jus dan dodol , selai serta sedang dikembangkan pembuatan batik dari olahan bahan mangrove.

Kegiatan Penanaman mangrove ini didampingi oleh Yayasan Koalisi Kawali Indonesia Lestari Provinsi Jawa Barat dan di dukung oleh Samudra Indonesia, Rotary Club Bekasi raya, Kadin kabupaten Bekasi, Jabar Bergerak Kab. Bekasi dan Dinas Lingkungan Hidup kab. Bekasi.

Edvin Gunawan sebagai ketua Kawali Jabar menyatakan “ kami sangat apresiasi dan mendukung kegiatan seperti ini, kegiatan SMAN 1 Kota Bekasi ini sangat baik untuk di contoh dan menjadi inspirasi bagi sekolah, pelajar lain nya dan generasi penerus untuk perbaikan kawasan hutan mangrove. Sesuai dengan arahan pemerintah Indonesia dalam isu Global dan adaptasi perubahan Iklim, kegiatan ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat pesisir pantai”.

“ Ia pun mengajak kepada seluruh Instansi , Industri dan Lembaga serta Komunitas lain nya untuk bersama menanam mangrove dan juga peduli kepada masyarakat pesisir pantai, Pulih bersama ” Recover together , Recover stronger.” imbuhnya.

Nara hubung :
Edvin gunawan 087888600034 / 081299468621
Ahmad Fudoil 081298129410

Redaksi MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here