RASA HARU.. DI MAKODIM 0713/BREBES BINTARA OTSUS

0
3

RASA HARU..
DI MAKODIM 0713/BREBES BINTARA OTSUS.

Brebes – patriotindosesia.id 17/6/2022
Tidak di pungkiri bahwa Provinsi Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI,red). meski ada klaim untuk memisahkan diri dari Indonesia, hal ini beberapa tahun terakhir terasa sangat kuat mengemuka.
Konflik bersenjata di bumi Cendrawasih terus saja berlangsung dan hingga kini belum menemukan penyelesaian yang optimal.

Organisasai Papua Merdeka ( OPM,red ) sering di sebut sebagai separatis bersenjata masih berusaha melalui pemimpin mereka melakukan lobi- lobi keberbagai negara meminta dukungan kemerdekaannya.
Sisi lain yang membuat yang masyarakat ada ketakutan karena mereka sering membuat teror bahkan sampai kontak bersenjata dengan Tentara (TNI,red) yang di tugaskan di ranah tembaga tersebut, bahkan beberapa waktu lalu adanya penyerangan terhadap Koramil dan menewaskan beberapa prajurit.

Pangti Andi Perkasa melalui Kepala Staff Angkatan Darat ( KASAD,red) Dudung Abdurahman dalam suatu pembinaan prajurit bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB,red) demikian sebagian orang menyebutnya, oleh Dudung di anggap saudara, yang beberapa waktu lalu menjadi kontroversi.

Sepertinya misi itu hingga kini terus di wujudkannya.
Kodim 0713 Brebes kemarin17/6 apel atas 20 prajurit Bintara terpilih di Brebes dalam tugas OTSUS akan kembali di daerahnya dulu sering disebut bernama Irian Jaya ( Irja,red) juga di seluruh Kodim jajaran Kodam IV Diponegoro.

Hari Jumat, 17/6 sore khususnya di Jajaran Kodim 0713 Brebes.
Bintara Otsus Purna tugas dan untuk kembali ke daerah asal mereka menjadi Bintara Pembimbing Desa ( Babinsa,red) dan menerapkan ilmu yang di dapat selama di Brebes dan hal ini juga di laksanakan Kodim lainnya.

Dandim 0713 Letkol ARM Inf Mohammad Haekal Sofyan yang di wakili oleh Kapt.Inf Ahmad Choerul Huda yang menjadi inspektur upacara pelepasan ( Korp raport,red) di Makodim jl.Jendral Soedirman – Brebes tepatnya diaula pertemuan.

Dalam sambutan, yang saat ini sebagai Danramil 14 Banjarharjo meminta agar bekal ilmu yang di dapatkan sepanjang 10 ( sepuluh ) bulan sejak Agustus 2021 yang di sebar pada 6 Koramil di gugus tugas Kodim 0713 Brebes.
” Kami berharap, bekal ilmu yang telah di pelajari ya selama Sepuluh bulan di aplikasikan secara aktif sebagai Bintara pembimbing Desa ( Babinsa,red) di tempat tugasnya” tukasnya singkat, lebih lanjut di sampaikan bahwa Kodam IV Diponegoro terus mengarahkan secara intensif agar program Babinsa Otonomi Khusus di praktekkan langsung di mana mereka di tempatkan.

226 Babinsa hasil Otsus akan di terjunkan secara intensif dengan merangkul berbagai elemen kemasyarakatan dan adat di daerahnya untuk bersama- sama guna melakukan pengenalan NKRI lewat pendidikan dan pemahaman idiology Pancasila dan UUD’45
sehingga bagi generasi muda Papua mengerti secara utuh tentang Negara Kesatuan Indonesia dan menangkal faham radikalisme, konfrotastif dan teror yang mengarah pada keinginan sebagian kecil orang mendirikan negara Papua Merdeka.

Tinggal bersama di rumah – rumah masyarakat selama otsus,merupakan
kesan tersendiri
” Saya senang dan bisa banyak belajar kehidupan bermasyarakat di Brebes” ujar salah satu Bintara Otsus di salah satu Kiramil,dengan wajah sendu seakan ingin tetap berada dengan orang – orang yang begitu dekat dan mem bahagiakan penuh kedamaian.

Dan suasana humanis yang di rasakan di Brebes akan di terapkannya, seperti menjadi guru,Karang taruna dan Pramuka pembimbing serta membangun proyek ekonomi melalui UMK dengan menggandeng pemuda, pelajar mahasiswa dan tokoh Masyarakat serta meneguhkan terhadap idiology Pancasila dan UUD’45
yang terangkai dalam bingkai “NKRI ” sehingga masyarakat di Papua tahu akan sejarah sebenarnya tidak terprovokasi oleh ambisius orang yang berkeinginan mendirikan negara sendiri yang menelan banyak korban dalam konfrontasi memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB,red) yang mengatas namakan sebagai Gerakan Organisasi Papuan Merdeka, (OPM,red) dengan merekrut para pemuda dan pelajar bahkan mahasiswa serta penduduk biasa.
Bintara OTSUS sudah purba tugas di Brebes dan kembali bertugas di daerahnya sendiri bumi Cendrawasih untuk mengabdi pada ibu Pertiwi yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia
( NKRI,red ).

Jurnalis,
Mohammad Riyadi
MPIBrebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here