DUSUN CISOKA CAANG, AKHIRNYA SELURUH WILAYAH SUMEDANG TERALIRI LISTRIK PLN

0
9

MPI-Sumedang

Setelah sekian lama akhirnya warga Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kini bisa bernafas lega dan menikmati aliran listrik PLN yang masuk ke permukiman mereka.

Salah seorang warga, Didin Jaenaludin mengatakan, meski hanya berjarak sekitar 18 KM dari pusat Kota Sumedang, namun warga Dusun Cisoka baru kini tersentuh aliran listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan selama ini untuk memenuhi kebutuhan listrik warga membuatnya dengan menggunakan tenaga kincir air.

“Untuk kebutuhan listrik kami membuat kincir air,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu warga lainnya Hayati mengatakan, sebelumnya pernah ada bantuan alat pembangkit listrik tenaga surya namun tetap saja belum bisa memenuhi kebutuhan listrik warga Cisoka yang berjumlah 30 rumah.

“Dulu pernah ada bantuan alat pembangkit, tetapi tidak bisa mencukupi kebutuhan warga,” katanya.

Seperti yang diketahui Cisoka sendiri merupakan salah satu kawasan wisata di Kabupaten Sumedang yang menyajikan keindahan alam diantaranya hamparan perkebunan teh. Sebuah kampung yang berada di tengah perkebunan teh Margawindu, dan berada di wilayah Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Jarak dari kota Sumedang sekitar 15 km ke arah selatan. Kampung ini dihuni oleh sekitar 27 kepala keluarga (KK). Letaknya yang terpencil menyebabkan Kampung ini baru kali ini dimasuki aliran listrik PLN.

Untuk penerangan di malam hari dan keperluan untuk memberikan daya pada alat-alat elektronik, penduduk Kampung ini mengandalkan pasokan listrik dari panel surya. Aliran listrik dari panel surya ini dialirkan ke penyimpanan listrik Accu. Panel suryanya sendiri merupakan sumbangan dari Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Wilayah kampung ini termasuk perkebunan teh Margawindu merupakan tanah pemerintah yang dihakgunausahakan penduduk untuk perkebunan Teh. Sebagian warganya berasal dari wilayah Ciwidey, Bandung selatan yang sudah turun temurun terbiasa dengan pengelolaan tanaman Teh. Mereka ditarik kerja oleh seorang pengusaha untuk membuka lahan perkebunan teh Margawindu di Cisoka ini. Ini terjadi sekitar tahun 1970-an dan 1980-an.

Oleh karena itu melalui Program Jabar Caang, khususnya di daerah pedesaan wilayah Kabupaten Sumedang, PT PLN (Persero) UID Jawa Barat bersama Pemda Sumedang gelar Peresmian Penyalaan Listrik di Desa Citengah, Dusun Cisoka, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Rabu(29/06/2022).
.
Program tersebut juga bersinergi dengan program pemerintah daerah Kabupaten Sumedang dalam program Listrik Masuk Desa.
.
Bupati Sumedang menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas masuknya aliran listrik menuju dusun Cisoka, akhirnya penantian warga yang sudah lama telah terwujud saat ini.

Pemda telah berupaya semaksimal mungkin bekerja sama dengan PLN UID Jabar dan PLN Sumedang, yang saat ini warga desa akan tercukupi kebutuhan listriknya.

Sementara General Manager PLN UID Jabar, Agung Nugraha berharap adanya aliran listrik ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat baik dalam perkembangan perekonomian maupun pendidikan bagi generasi muda di dusun cisoka.

Diharapkan dengan adanya aliran listrik ke wilayah tersebut dapat menunjang untuk kemajuan kawasan Cisoka sebagai destinasi wisata serta tumbuhnya UMKM.

Pada Kesempatan tersebut juga diberikan sembako bagi warga dusun cisoka, desa citengah dari Yayasan Baitulmaal ( YBM) PLN UP3 Sumedang.

 

Aep Sunarya MPI Sumedang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here