MURID SDN WANASARI 08 DAN 09 BUTUH ZONA SELAMAT SEKOLAH, ANTISIPASI KECELAKAAN SAAT JAM SEKOLAH

0
424

 

MPI-BEKASI

Duasekolah di Jalan Bosih Raya Kecamatan Cibitung Kelurahan Wanasari belum ada ZOSS (Zona Selamat Sekolah) atau tanda penyeberangan. Padahal jalan tersebut termaksud jalan yang paling ramai saat jam-jam anak sekolah masuk dan pulang sekolah. Keadaan demikian, disayangkan sejumlah kalangan terutama orang tua dan siswa.

Zona selamat sekolah adalah suatu kawasan di sekitar sekolah yang perlu dikendalikan lalu lintas kendaraan menyangkut kecepatan, parkir, menyalip, pejalan kaki yang menyeberang jalan. Pengendalian perlu dilakukan mengingat banyak anak-anak sekolah yang berjalan kaki menuju sekolah.

Zona selamat sekolah sendiri tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.3583/AJ.403/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Pemberian Prioritas Keselamatan dan Kenyamanan Pejalan Kaki pada Kawasan Sekolah melalui Penyediaan Zona Selamat Sekolah.

Siswa dan orang tua khawatir dan was-was saat menyeberang.  Mereka berharap dishub atau pemerintah setempat dapat segera membuatkan zebra cross atau zona selamat sekolah termasuk rambu zona sekolah.

Zona Selamat Sekolah menjadi sesuatu yang wajib ada di depan sekolah yang letaknya di pinggir jalan raya. Belum lama ini telah terjadi kecelakaan yang memakan korban anak sekolah dari SDN Wanasari 08 karna terserempet kendaraan yang melaju, mengakibatkan luka-luka pada anak SD tersebut.

“Memang ada satpam sekolah yang bertugas untuk membantu anak-anak menyeberang, namun tidak mungkin pak satpam terus-terusan berada ditengah jalan untuk
membantu satu per satu siswa menyeberang. Oleh karena itu, seharusnya terdapat
zebra cross di depan setiap sekolah untuk memudahkan anak-anak menyeberang”. Ujar warga sekitar sekolah

Zebra cross membuat pengendara yang melintas akan memelankan laju kendaraanya dan memberi kesempatan pejalan kaki, khususnya anak-anak sekolah untuk menyeberang dengan selamat. Bila tidak ada tempat penyeberangan yang aman,
maka anak-anak bisa rawan diserempet oleh kendaraan bermotor yang sedang melintas.

Keselamatan dan keamanan anak-anak ketika menyeberang di jalan raya menjadi
tanggung jawab kita bersama. Kita wajib melindungi anak bangsa sebab merekalah penerus kejayaan Negara ini.

Shandy.m

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here