NILAI PRAMUKA SOLUSI DI ERA GLOBALISASI

0
46

MPI-BREBES

Brebes,13/8-2022,Bulan bergemanya suara takbir Kemerdekaan Indonesia senantiasa menjadi moment kejuangan yang selalu di tiupkan ke telinga kita sebagai titik tonggak pencapaian berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI,red).
Lantas cukupkah kita hanya mengadakan apel upacara…?tentu saja tidak..!
Kita bisa melihat di bulan Agustus semua Instansi – intansi pusat sampai tingkat desa pejabatnya begitu sibuk mempercantik dan menggiatkan masyarakat terkhusus memasang bendera Merah Putih di depan rumah dan sepanjang jalan.

Di tengah hiruk pikuk menyambut hari Kemerdekaan terselip ada spiritual yakni Renungan SATYA PRAMUKA di laksanakan malam jelang tanggal 14/8 di lapangan sekolah SMA negeri 1 Kersana
Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes.
13/08-2022.


Di kesempatan tersebut oleh Kepala Sekolah dan guru serta petugas dari Koramil 06/Kersana mengikuti tahapan dengan hikmat sebagai renungan suci janji Pramuka 61 tahun berdiri yang di gagas oleh Bodden Poweel bapak Pramuka sedunia.
Perenungan ini, harus terus di aktifkan dan di aplikasikan secara intens terutama pada anak- anak didik dan pemuda bahwa pernah ada sejarah yang memberikan penguatan penting saat dekade perjuangan
kemerdekaan
Indonesia.

” Benar adanya, kita harus terus menghembuskan Janji Pramuka (Satya,red) dan yang fundamental adalah pengejawantahan diri dalam setiap berkehidupan dan bermasyarakat ” tukas Serda Solekhudin Babinsa Koramil 06/Kersana di sela pengawalan perkemahan Pramuka.
Lebih lanjut,beliau mengingatkan pada generasi milineal jangan terjebak era globalisasi yang kebablasan karena pemuda sesungguhnya adalah tulang punggung dan bagian terpenting untuk menjaga kedaulatan negara.
“TNI bersama rakyat bagaikan satu tubuh,untuk itu dari para pemudalah yang harus di bentuk karakternya agar ketika berada di tengah masyarakat menjadi sosok berharga dan bernilai serta memilik tanggungjawab pada negara” paparnya dengan nada berapi- api.
Kali ini Hari Pramuka mengambil ruh mendasar “Mengabdi Tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa” komitmen tersebut harus terus termentalkan dalam pikiran dan langkah produktif.


Letkol Infantri Tentrem Basuki Dandim Kodim 0713/Brebes melalui Danramil 06/Kersana Kapten Arm.Jupriadi, menegaskan akan terus bekerja tanpa lelah memberikan imun pada para pelanjut tingkat komando kemerdekaan yakni para pemuda agar bisa berkelanjutan menguatkan diri akan cinta pada tanah air Indonesia.
” Kami prajurit TNI, tidak akan berhenti dan mundur satu langkahpun untuk memprovokasi pikiran dan mental para pemuda agar terjaga dan turut serta menyiapkan diri menghadapi serbuan ideology yang berkeinginan memecah belah rakyat ” Tegasnya disela peninjauan perkemahan Pramuka di SMA 1 Negeri Kersana – Brebes.
“Tentara Nasional Indonesia ( TNI,red) memiliki kewajiban absolut guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak ada tawar menawar soal ini” paparnya dengan ekspresi tajam mendalam.
Sementara itu, Kepala sekolah SMA 1 Kersana Yuniardi Amirudin,S.Pd.,M.Si mewakili kepala sekolah se kecamatan Kersana yang telah ikut bersama di Hari Pramuka ke 61 tahun yang terpusat di SMA1 Kersana,sangat berterima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan Pramuka, tekhusus pada pihak Koramil Kersana dan seluruh anggotanya.
” Kami pihak sekolah menyampaikan terima kasih pada seluruh unsur yang kepanduan ( Pramuka,red) ini tak terkecuali juga masyarakatnya ” saat di konfirmasi patriot.
Harapan besarnya yang di minta agar pihak Koramil secara intensif dan berkelanjutan memberikan pembinaan pada siswa didik terutama siswa SMA yang sedang tumbuh kembang mencari jati dirinya agar terkorelasi ” hubbul watonna minnal iman”
( Mencintai tanah air adalah sebagian dari iman ).
Hari jadi Pramuka, dan renungan janji suci Pramuka di adakan hampir seluruh Indonesia, ini membuktikan konsistensi ghirrah berkebangsaan selalu terjaga yang dengan hikmat dan semangat ukhuwah Cinta Tanah air..menjadi obor yang terang menuju Indonesia cemerlang.

— WAHAI PEMUDA,DI PUNDAKMULAH TANGGUNG JAWAB BESAR NEGARA INDONESIA TETAP JAYA ABADI—-

Jurnalis
MPIBrebes
Mohammad Riyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here