REHAB KALI CIKARANG KONSISTEN LAKSANAKAN UPACARA 17 AGUSTUS DILOKASI TAMAN HATI

0
23

 

MPI-BEKASI

Antusias masyarakat semakin bertambah setiap tahunnya merayakan kemerdekaan di pinggir kali Cikarang.

Warga dua desa berbondong-bondong menuju pinggir kali cikarang atau yang biasa disebut taman hati poskonya REHAB KALI CIKARANG.
sudah kali ke 3 rehab kali cikarang melaksanakan upacara bendera di tiap tahunnya dipinggir kali, ini yang menjadi dasar warga semakin antusias, di tambah ide-ide REHAB KALI CIKARANG memperdayakan warga sekitar menjadi simbol-simbol kehidupan, dengan cara berkreasi di pinggir kali dari bertani, menjadi nelayan di kali, pembibitan ikan baung, sampai mengolah sampah yang ada di kali, menjadi sumber rejeki.

Dalam rangkaian acara ini, yg paling di tunggu tunggu warga Sukadanau dan Desa Kali Jaya adalah lomba masak ikan baung.

REHAB kali cikarang memang sedang gencar mengkampanyekan ikan baung menjadi ikon kali cikarang.

lomba yang di ikuti mayoritas ibu-ibu rumah tangga ini, berjalan dengan seru semua ilmu tentang masak di tuang kan disini, dari menu sayur baung kuning, Sop baung, gulai baung, hingga pepes baung terpajang di meja juri.

Agah Handoko selaku juri, yg di pilih REHAB KALI menuturkan ” semua masakan ini enak sekali… ibu-ibu disini jago dari segala menu baung bingung saya milih nya”
tutupnya.

dengan menikmati aroma bang Dody bin Amri salah satu dari tiga juri menuturkan, “ini adalah cita-cita saya yg terjawab, kenapa.. ibu ibu yg disekitaran bantaran kali menunjukan apa yg dia bisa.. masakan ini tidak kalah dari sama restoran-restoran elit yang berjejer di kota besar, bagi saya ibu-ibu disini semua pemenang sambil menaruh mickrofonya seraya menyemangati ibu-ibu”. Tutupnya

ketika ibu-ibu sibuk dengan memasak,
Tim susur sungai dari perwakilan ARC angler relawan cikarang, Patil Ganjil serta komunitas taman hati, melaksanakan kegiatan rutin tiap minggu membersihkan sungai, membersihkan sampah di kali.

“bagi saya ketika menuju kali liat sampah begitu banyak klo ga di bersihin perasaan saya ada yang janggal” ucap ketua Patil ganjil bang waskim.

Sambil tertawa bang apri menambahkan “kalau saya ketika bahas program Agustus ini
kalo tidak ada kegiatan susur sungai, bersih bersih, jangan ajak saya”. Tutupnya.

Memang jelas komunitas-komunitas ini sangat menjaga sungai khususnya kali cikarang

Bang Hendra abay selaku ketua taman hati, “ini moment-moment kita merdeka, Karena kenapa sungai yang kita bersihkan berhari hari berbulan bulan ini.. bisa dilihat hari ini sama semua bersih bening.. klo udh begini ayo jaga.. sambil mengajak warga yang belum tergerak untuk sungai nya”. Tutupnya

Bunyi bel berbunyi tanda lomba masak ikan baung sudah selesai. Bang Yahya komeng selaku ketua umum REHAB KALI CIKARANG
Berdiri di podium dan semua mata tertuju padanya dalam ucapan bang Yahya.
“Saudara-saudara disini ada yang tahu khususnya ibu-ibu, kenapa saya dari 3 tahun lalu mengkampanyekan ikan baung ikan baung..
ada yang bisa jawab.? nah itu salah satu nya..
ikan baung itu ber omega 3 sangat tinggi dan itu bagus buat motorik anak-anak kita, selain enak dan bergizi, ikan ini ada di sekitar kita..
ada kali ini… kali cikarang..
kalo kali nya di jaga terbebas dari sampah.. terbebas dari limbah..
ikan baung di kali ini akan bertambah banyak…
ibu-ibu seneng tidak.?
warga disini senang ga.?
maka dari itu bantu kami, untuk menjaga sungai kali cikarang ini Karena REHAB KALI CIKARANG udah jadi rumah atau basis perawatan kali-kali di Bekasi, kebanggaan saya tidak lain tidak bukan ketika di daerah-daerah lain sudah sadar akan pentingnya perawatan sungai dan mereka guyub menjaga sungai nya, itulah kebahagiaan saya yg mutlak”.
Tutupnya dengan semangat membara.

Shndy. m

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here