PENTING…!!! PENGENALAN PERAN DAN TUGAS BABINSA PADA MASYARAKAT.

0
42

 

MPI-BREBES

Brebes,21/8-2022.
Sebutan Babinsa,mungkin tidak begitu banyak yang tahu,yang masyarakat lihat tentara,bahkan peran dan tugasnyapun saat patroli ke Desa binaan tidak faham.

“Pokoke berpakain loreng ya tentara” jawab seorang ibu warga desa yang di jumpai Patriot,mendengar seloroh lugunya begitu juga seorang petani,Sukad yang baru perjalanan pulang kerumah sempat bertemu jalur Desa Dukuh Tengah.

Yang lebih tidak abis fikir perangkat desa atau Kepala Desa,jarang yang mengetahui tupoksi ke beradaanya.

Hal tersebut sangatlah penting di ketahui oleh Pemerintah Desa dan warganya sehingga Babinsa tiada jarak komunikasi dengan masyarakat,dan keberadaannya memang di butuhkan.

Sebaliknya juga seorang Babinsa,
harus aktif berada di tengah masyarakat sehingga akan menjadi sebuah ikatan kuat bahwa Tentara bersama rakyat.

Tidak kurang- kurangnya terhadap seluruh prajurit Kodim 0713/Brebes,Letkol Inf.Tentrem Basuki
Dandim Brebes selalu mengingatkan pada pimpinan teritorial Komando Rayon Militer ( Koramil,red) sebagai tugas komando di tiap kecamatan yang hampir secara berkala di lakukannya.

Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) selain sebagai garda depan pengamanan teritorial sekaligus juga fungsi sosial kemasyarakatan..
artinya mendampingi masyarakat, semua aktifitas di desa.
” Aspek pengamanan bagi kami prajurit itu tugas pokok, namun kami juga tidak melalaikan tugas sosialnya ” tukas Kapt Arm.Jupriadi dalam suatu kesempatan dialog santai melalui Serda Solekhudin di kantor Koramil 06/Kersana,sosok pria cerdas dan Cekatan kelahiran wilayah Brebes selatan 35 tahun yang lalu dari keluarga petani,tekad cita- cita jadi tentara sejak awal masuk SMA BU Bumiayu.

—- Kesan pertama dari adalah melihat dan kedua dari membantu suatu kebaikan—-

Jurnalis
MPIBrebes
Mohammad Riyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here