JARINGAN INTERNASIONAL, PENGEDAR EKSTASI 3 MILIAR DITANGKAP DI TAMBUN

0
41

 

MPI- BEKASI

“Ini jaringan internasional, sehingga dalam pengungkapannya kami mendapatkan informasi dan bekerja sama dengan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. Barangnya dari Negara Jerman,” Jelas Gidion.

Satuan Reserse Narkotika Polres Metro Bekasi berhasil mengungkap dan menangkap 3 (tiga) orang sindikat pengedar Narkoba jaringan Internasional yang dikendalikan dari lapas.

Berawal dari informasi tentang adanya pengiriman Narkotika jenis Shabu dan Ekstasi dari luar negeri yaitu dari Negara Kongo – Belgia – Jerman dengan tujuan Indonesia dengan modus pengiriman paket.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menyampaikan dalam conferensi pers di halaman Gedung Humas Polres pada Selasa 23/08/2022, dengan adanya informasi dari masyarakat selanjutnya dilakukan koordinasi dengan pihak Bea Cukai Soekarno Hatta terhadap 3 (tiga ) resi paket pengiriman dan dari hasil pemantaun bahwa 2 (paket) pengiriman diduga berisi Shabu tertahan di Bea Cukai Negara Jerman dan 1 (paket) pengiriman berhasil lolos ke Indonesia.

Hasil koordinasi dengan petugas Bea Cukai Sukarno Hatta, selanjutnya di lakukan Control Delevery terhadap tujuan alamat pengiriman, namun dari pengecekan data penerima ternyata alamat tersebut fiktif.

Selanjutnya mendapati petunjuk pengiriman ulang paket ke daerah Grand Wisata Tambun Bekasi yang diinfokan diduga oleh penerima (pengendali), sehingga dilakukan pemantauan oleh Anggota Satuan Narkoba yang langsung di pimpin oleh Kasat Narkoba Kompol Dedi Herdiana dan akhirnya dengan Contol Delevery berhasil diamankan 1 (satu) bernama Irhan Tanjung pada saat menerima paket tersebut, dan dari tersangka diamankan 4411 butir Ekstasi dengan berat 1.928.17 gram.

Dari hasil Interogasi, dan pengembangan diduga Esktasi tersebut selanjutnya akan dibawa ke daerah Tamansari Jakarta Barat dan menunggu petunjuk.

Pada hari Kamis tgl 28 Juli 2022, tersangka Irhan Tanjung ( 32 thn ) mendapat petunjuk untuk mengantarkan paket Esktasi tersebut sejumlah 500 butir dengan berat 212,23 gram, sehingga kita lakukan Control Delivery dan berhasil menangkap tersangka Ade Irawan ( 25 thn ) di parkiran RS Husada Jakarta Pusat.

Terhadap kasus tersebut dilakukan pengembangan dan diduga pengendali serta pemesan paket Narkotika jenis Esktasi tersebut berada di dalam salah satu Lembaga Permasyarakatan yang mana diduga tersangka tersebut berinisial SHY (WNA) dan RP, AH.r3

Kemudian 1 (satu) orang tersangka lainnya Muhamad Bano Satria ( 28 Thn ) ditangkap di Rumah yang beralamat Jl. Bojong Megah 4 Blok E. 36 No. 16 Rt. 002/017 Kel. Bojong Rawalumbu Kec. Rawalumbu Bekasi. Dan dari tersangka di amankan 60 Gram Sabu.

Anggota Satuan Narkoba yang dipimpin oleh Aiptu Yuyus Setiadi Bersama dengan team Opsnal Unit III Subnit 6 (enam) melakukan serangkaian penyeledikan dan setelah dilakukan analisa terhadap informasi tersebut dan diyakini kebenarannya. Kemudian pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus sekitar jam 07.00 Wib dilakukan penangkapan terhadap pelaku yang bernama Muhamad Bano Satria Di Rumahnya.

Diperkirakan Nominal harga barang bukti dan jumlah korban jiwa yang terselamatkan, jika diakumulasi dalam rupiah barang bukti seluruhnya setara dengan Rp 3.000.000.000,- ( tiga millyard) lebih, dan berhasil menyelamatkan 19,884 (sembilan belas ribu delapan ratus delapan puluh empat) jiwa.

Pasal yang ditetapkan

Pasal 114 Sub Pasal 112 UU RI No 36 Tahun 2009 tentang narkoba. Dengan ancaman Hukuman Penjara 6 sampai 20 Tahun.

Shndy.M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here