*KADIN Kab.Bekasi* *Membangun Kesadaran Kolektif*

0
62

 

Bekasi-Patriot Indonesia

Sejumlah relawan dari berbagai komunitas  pencinta lingkungan hidup seperti Jurpala Indonesia, Kawali, Sebaya, Bambu Foundation, Gempal melakukan susur sungai di titik O (Nol ) Kali Ciherang, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, pada Sabtu (27/8/2022). Kegiatan tersebut di Inisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bekasi Bidang Pertanian bekerjasama dengan pemerintahan Desa Karangsatu, Kecamatan Karang Bahagia, Karang Taruna, BPD  dan di hadiri oleh KTNA,Organisasi Kemasyarakatan, KNPI dan lainnya.

Dalam keterangan sambutannya Kepala Desa Karangsatu, Sarim mengatakan bahwa di adakannya acara susur sungai ini adalah, bahwa di Kali Ciherang ada saksi sejarah tujuh hulu sungai menjadi satu, ” Tujuh Hulu Sungai menjadi satu di kali Ciherang ini, di antaranya dari kali Kalenderwak, kalen tengah, lemahabang, kalen buntu, kaliulu, Sasak bangke hingga ke sini kali Ciherang, maka itu pemerintahan Desa Karangsatu bersama masyarakat dan semua pihak dapat mendukung dengan acara ini kita jadikan Titik Nol kali Ciherang sebagai destinasi wisata. Maka itu kita harus kompak membangun tujuan ini agar tercapai. “Kita kerjasama dengan pokdarwis, KADIN, Pemerintah daerah dan semua pihak” Tuturnya.

Ketua KADIN Kabupaten Bekasi, Heri Noviar SE menyatakan dengan tegas akan dukungannya terhadap pemerintahan Desa Karangsatu terkait Kali Ciherang menjadi wisata. Dirinya menyampaikan langsung kepada kepala desa Karangsatu bahwa titik Nol kali Ciherang akan di jadikan wisata.”saya berharap kepala desa Karangsatu serius untuk memperjuangkan kali Ciherang ini, nanti kita bantu melalui Kadin dengan program CSR nya, berkoordinasi dengan  wakil ketua KADIN Bidang Pertanian  saja, mudah mudahan nanti kita bantu semaksimal mungkin,” Ucap Heri.

Usai sambutan acara di isi dengan pemotongan beberapa Tumpeng oleh Kepala Desa sebagai bukti penghargaan dan kerjasama terhadap semua pihak.

Pembacaan puisi tentang sungai oleh Iwan Bonik, sebagai seniman/ penyair kebudayaan Bekasi yang selalu mengajak kepada insan manusia sebagai makhluk yang mulia, agar senantiasa menjaga alam, sungai sungai yang ada agar di rawat dan di jaga kebersihan dan airnya, sehingga jika terawat akan selalu menjadi manfaat untuk semua Mahluk hidup Manusia dan hewan habitat sungai kali Ciherang.

Selanjutnya penanaman pohon penghijauan dari berbagai bentuk pohon di bantaran Kali Ciherang di lalukan oleh Ketua KADIN Kab Bekasi, Kepala Desa Karangsatu, Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi dan semua pegiat lingkungan yang mengikuti acara tersebut.

Susur sungai Kali Ciherang yang di sediakan empat perahu karet oleh para penggiat lingkungan tersebut di lakukan oleh para pihak yang hadir yang di dampingi oleh para pegiat lingkungan untuk mengukur suasana keakraban dengan alam, serta akan di lakukan upaya perawatan sungai tentang kebersihannya setiap waktu.

Redaksi MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here