REM BLONG, TRUCK MOLEN SERUDUG GEDUNG SEKOLAH

0
111

MPIBrebes,3/9-2022

Kewaspadaan sopir sebagai pengendali atas semua mekanika operasi kendaraan harus betul- betul di fahami dengan ketelitian.

Memang kecelakaan tak di kehendaki oleh siapapun,namun waspada dan berhati-hati merupakan sesuatu yang tidak bisa di abaikan oleh pengguna jalan raya.

Berkendaraan sangat komplek variabelnya karena akan melingkupi banyak hal seperti Medan jalan,pejalan kaki atau pengendara dan masuk kategori ketelitian tingkat Emergency ( Darurat,red) adalah instrumen kendaraan yang terjamin.

Baru- baru ini 3/9-2022 kendaraan molen semen tak bisa di kendalikan di fly over “DERMOLENG ” Ketanggungan Brebes MENYERUDUG sebuah sekolah Taman Kanak- kanak.
yang memang tidak ada kegiatan belajar
sehingga korban jiwa tidak terjadi.

Informasi dari warga,kendaraan Truck Molen ( semen ) bergerak dari arah selatan menaiki fly over hingga di titik tengah,namun tiba- tiba begitu posisi menurun yang berkisar hanya 15 meter dari jalan provinsi tak bisa di kendalikan oleh sopir dan terus meluncur hingga masuk ke halaman sebuah sekolah yang persis berhadapan dengan jalur turunan fly over.
” Ada kemungkinan akibat rem blong ” ujar seorang warga yang berada di lokasi saat kejadian.

Kejadian di perkirakan pukul 12.09Wib,Beruntung tidak ada korban manusia akibat kejadian tersebut.

Di ketahui,truck usai mengantarkan semen curah ke Poncol Larangan – Brebes yang sedang di lakukan perbaikan jalan provinsi jalur selatan.

” Sebenarnya tidak ada tanda- tanda bermasalah dari kendaraan saat menaiki fly over,biasa saja ” tukas warga, Jamiah yang berpapasan saat itu.

Kendaraan milik perusahaan penyuplai semen curah yang berada di wilayah Desa Bulakelor Kec.Ketanggungan,
sering terlihat setiap harinya naik turun ply over DERMOLENG ,karena jalur paling dekat ke lokasi project.

Saat ini peristiwa tersebut sudah di tangani oleh Ditlantas Brebes via satlantas pos Tanjung.
” Kesimpulan sementara karena rem blong” Papar anggota satlantas yang terjun dengan empat personilnya ke lokasi kejadian.

Sopani,Kepala Desa Ketanggungan, yang di hubungi patriot melalui sambungan seluler menjelaskan kejadiannya di lokasi
” Itu di akibatkan rem blong,si supir bertindak cepat berfikir mengambil keputusan setir di putar ke arah kanan yang longgar untuk menghindari terjadi resiko yang lebih besar,karena pengendara arah kiri cukup padat ” urai Kepala Desa, yang sedang menjalani tugas periode kedua jabatannya.

Sementara pihak sekolah belum bisa di hubungi Patriot,selulernya masih off, beruntung saat itu arus lintas tidak sedang padat.

Lebih lanjut, Kades Sopani,menjelaskan perihal adanya kerugian material yang menurutnya hampir 50% gedung sekolah Taman Kanak- Kanak itu rusak berat.

Jalur ply over memang tidak terlalu panjang,tapi jarak turun ke arah Utara sangat pendek,
sejak adanya plyover yang bertujuan untuk mengalihkan jalur lintas dari transportasi kereta api yang cukup rawan karena durasi kereta api jalur Surabaya – Jakarta cukup padat, sehinnga pemerintah pusat melalui menteri Pekerjaan Umum,mengeksekusi pembangunan plyover termasuk di Karang sawah kecamatan Tonjong,Klonengan Prupuk,dan Kretek Paguyangan.

Beberapa kali telah terjadi kasus yang sama di alami truck bermuatan berat baik saat nanjak karena tidak kuat sehingga mundur ataupun ketika turun,peristiwa
rem blong sering terjadi di ply Over Kretek Paguyangan.

Ply Over DERMOLENG memang Jaraknya sangat dekat saat nemasuki turunan jalur lalulintas padat dari tiga titik ( pertigaan,red) memang sangat rawan, terlebih berhadapan dengan pemukiman.

Kelalaian dan kurangnya kewaspadaan dalam berkendaraan bisa jadi pemicu terjadi kecelakaan,kesadaran pengendara merupakan sesuatu hal penting untuk di sikapi bersama.

— Sayangi diri kita,dengan saling menjaga dan berhati- hati antar pengguna jalan raya—-

jurnalis
Mohammad Riyadi
Biro Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here