BUMDES “KEMUKTEN JAYA” DAPAT SUNTIKAN DANA 111 JUTA RUPIAH

0
15

 

MPIBrebes,6-9-2022

Pemerintah Pusat melalui Kemendes terus merangsang pertumbuhan ekonomi wilayah pedesaan.

Berbagai skim dana program di luncurkan, agar Pemerintah tingkat bawah mampu menggerakan roda ekonomi di pedesaan.

Pendirian Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES,red ) di anggap menjadi wadah dan solusi yang mampu menjadi pelopor tumbuh kembang kemandirian masyarakat di mana BUMDES sebagai steak holder dari Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) selain jalur koperasi yang ada di desa.

Rustanto, merasa gembira mendapat suntikan modal dari Pemdes sebagai mitra kinerja BUMDES.

” Yang pasti, modal akan kami salurkan pada project usaha produktif kemasyarakatan” tukasnya yang mendapat kepercayaan sebagai ketua BUMDES.

Rencan yang akan di kembangkan,menurutnya adalah Pengembangan ternak kambing sebesar 40 juta rupiah, sisa 60 juta di alokasikan untuk kandang dan Oprasional 11 juta.
” Kami plot di peternakan, dengan harapan dengan sestem breeding akan berkembang menjadi masyarakat peternak di luar kontek pertanian” tambahnya di sela acara serah terima dana.

Hadir di kesempatan itu,Senin,5/9-2022 ada Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD,red) H.Saryanto yang dalam sambutannya memberikan pesan agar dana tersebut di gunakan denga cermat tertib dan rapih serta memberikan profitasi bagi Bumdes.
” Dana itu, merupakan dana modal usaha,artinya jika orang berusaha di
situ ada nilai profitasi, yang harus di masukan ke Bumdes, masyarakat akan percaya jika perusahaan ini di kelola dengan management yang kredibel ” tuturnya panjang lebar.

Lebih lanjut,juga di katakannya bahwa dinamika usaha terus bertumbuh, baik perorangan ataupun korporasi, peran itu harus bisa terbaca agar kedepan bisa exis sebagai plat form perusahan pada umumnya.

Di sisi lain, Kepala Desa yang dalam tataran management tersebut masuk menjadi pengawas bersama BPD, harus berani memberikan arahan dan pembinaan serta pengawasan melekat (waskat,red) keuangan secara berkala dan accountable.
” Pengurus BUMDES,tolong jangan merasa gerah saat kami melakukan pengawasan,bisa saja secara mendadak ” Pinta Rusnali, Kepala Desa Kemukten sambil tertawa..di hadapan perwakilan masyarakat yang hadir di acara tersebut.

Penyerahan dana modal kerja BUMDES “Kemukten Jaya” juga di dampingi oleh Bintara Pembina Desa ( Babinsa,red),Serda Solekhudin mewakili Danramil 06/Kersana Kapt Arm.Jupriyadi.
” Kami nilai program yang di rencanakan cukup efektif dan kelak bisa berkesinambungan ” jelasnya.

Saat Patriot sentil tentang peran TNI khususnya Babinsa atas Bumdes, beliau menegaskan bahwa secara struktural tidak ada tapi setidaknya turut memberi input positif dalam pengembangan usaha.
” Ya..gak ada hubungan struktural tapi kalo jadi mitra di bolehkan ” sorongnya pada patriot.

Untuk intensitas pemerintah desa,
Mardadi juga hadir sebagai petugas pendampingan di Kemukten.

Acara penyerahan dana BUMDES di gelar pukul.14.00 wib s/d 17.00wib,di tandai dengan simbolik penyerahan dari Kepala Desa pada Ketua Bumdes.

— BUMDES hadir untuk sinergy usaha kerakyatan—

Jurnalis
Mohammad Riyadi
Biro Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here