BUMIL RESTI..!!! PETUGAS KESEHATAN HARUS INTENS LAKUKAN PENGAWASAN DAN PENDAMPINGAN

0
8

MPIBrebes,6/9-2022

Tugas mulia seorang pekerja kesehatan nampak ketika melayani dengan ikhlas pada ibu yang berjuang melahirkan.

Ada pepatas, seorang Ibu saat melahirkan sedang bertarung pada perjuangan antara hidup dan mati di antara keduanya.

Dalam satu hadist Rasulullah di jelaskan,betapa agungnya sosok seorang Ibu dengan segala multi perannya.
” Ibumu..ibumu..
ibumu..baru bapakmu” ketika seorang sahabat bertanya siapa yang patut di hormati dan di hargai,Rasulullah bersabda demikian.

Dengan sedikit menyitir hadist tadi, kita tahu bahwa peran penting dan mulianya seorang Ibu.

Pengejewantahannya,negara harus hadir dan memberi perhatian pada ibu hamil,seperti hari ini,Selasa,6/9-2022 pukul 09.30 wib telah di laksanakan pendampingan,
monitoring serta sosialisasi terhadap 25 orang Ibu hamil oleh kader posyandu,petugas Puskesmas, Bidan Desa (Bides,red) yang bertempat di Polindes Desa Kemukten- Kersana – Brebes.

Di sela kegiatan nampak Bintara Pembina Desa ( Babinsa,red) Serda Solekhudin turut pendampingan mewakili Danramil 06/Kersana Kapt.Arm Jupriyadi yang baru masuk wilayah Kecamatan Kersana 3 bulan yang lalu, meski demikian seluruh jajaran anggota di perintahkan untuk turut aktif
mendampingi kegiatan di desa binaanya.
“Ini bagian tugas Tentara juga, dengan partisipasi aktif pada masyarakat sehingga kedekatannya terbangun dengan baik ” ujar Babinsa muda yang telah di karunia dua anak dari pernikahannya.

Adapun materi yang di berikan pada sosialisasi ibu hamil kali ini sekitar bagaimana pola hidup dan makanan sehat,juga menyiapkan deteksi dini persalinan serta Imunisasi bayi.

Peserta yang hadir adalah calon ibu muda dalam kondisi kandungan 4-6 bulan, mengingat biasanya di awal kandungan ini, tidak memahami bagaimana yang harus di lakukannya.

Resiko terberat bagi Ibu Hamil jika melahirkan anak dalam kondisi Stunting ( keterlambatan dalam pertumbuhan ).

Bidan Desa Lutfi latifah,Amd,Keb tidak hentinya untuk senantiasa mendampingi dan mensosialisasi halnini di sela tugas pokok lainnya.
“Insya Allah, tugas ini merupakan tanggung jawab seorang bidan tentu selagi di beri kekuatan dan kesehatan ” kilahnya merendah.

Selanjutnya beliau katakan bahwa sesungguhnya kerja ini merupakan tugas dan peran bersama yang saling mendukung,begitu juga Pemerintah desa dan para pendamping serta masyarakat itu sendiri.
” Kesedian berkerjasama merupakan kunci keberhasilan sebuah program yang kita kerjakan ” seloroh Promotor kesehatan Iin Indriyati ,Amd.Keb Puskesmas Kersana.

Kepedulian dan dukungan Pemerintah Desa, menjadi nutrisi dan energi petugas untuk terus membangun komunikasi timbal balik yang harmonis, selaras dan bijak dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada.
” Setiap kegiatan positif,pasti kami dukunglah, Pak ” ucap Kades Rusnali pendek saja.

Seluruh rangkaian kegiatan terlaksana berjalan tertib,lancar sampai sekitar pukul 11.30 wib dengan aman dan penuh interaksi timbal balik yang bisa menjadi bekal bagi Ibu Hamil.

— Keluarga terbangun dengan harmoni jika di dalam kehidupan berkeluarga saling mendukung dan memberi perhatian satu sama lainnya—-

Jurnalis,
Mohammad Riyadi
Biro Brebes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here