MENDUNG DI DESA CIKAKAK, ADA PEMOTONGAN DANA BLT BBM,

0
11

Brebes -Patriot Indonesia 19/9-2022

Berkembang di masyarakat perihal adanya pemotongan dari dana
Rohanto,Kades Cikakak Kecamatan Banjarharjo, membenarkan adanya isu tersebut, di pusaran desanya sehingga tercium oleh media.
” Saya tugaskan pada perangkat desa,termasuk RT, agar tidak membuat suatu rekayasa apapun soal Bantuan Langsung Tunai ” jelasnya pada patriot via sambungan satelit seluler,Minggu,17/9-22.

Memang, salah seorang Ketua Rukun Tetangga,telah mencoba melakukan komunikasi dengan penerima BLT, yang pokok intinya meminta iuran untuk sedekah bumi, lanjut Kepala Desa terangnya.

Alasan penguat pemotongan inilah, yang akhirnya menjadi isue liar, karena baru saja bulan Agustus kemari hampir desa di seluruh Kabupaten Brebes telah mengadakan gelar budaya “SEDEKAH BUMI ” sementara alasan pemotongan untuk iuran acara tersebut tahun depan.
” Sudah di kembalikan pada penerima.. utuh ” Tegas Kades Rohanto
yang menolak kata pemotongan karena,menurutnya itu ada pengertian makna yang lain semacam pemaksaan.

Masih menurut dalihnya,ini iuran yang telah di sepakati penerima dan Ketua Rukun Tetangga.
” Kami, berharap dengan dana tersebut,Sedekah Bumi tahun depan lebih meriah lagi ” tukas ketua Rt yang tidak mau menyebutkan namanya.
” Sekarang sudah beres masalahnya ” tuturnya singkat.

Kondisi atau suasana saat ini, dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak ( BBM red ) telah menjadi pemicu gerakan mahasiswa berdemo berjilid, meminta agar pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi mencabut kenaikan BBM dalam apapun sebutannya subsidi, bahwa sangat tidak etis karena baru saja ekonomi terpuruk gegara covid19.,hal ini pula pemerintah pusat menggerakan pengawasan agar tidak ada penyelewengan atas program Pengentasan Keluarga Miskin ( PKM,red).

Saat ini Pemerintah Desa,memang sedang menjadi sorotan publik,maka jangan main – main atas pengelolaan dana yang berkait pembangunan ataupun bantuan kemasyarakatan, rakyat dalam kondisi yang tidak ada kesetabilan arah ekonomi sangat rentan, mudah terpancing emosi dan provokasi.

Kejadian di Desa Cikakak Kecamatan Banjarharjo harus bisa menjadi pelajaran berharga, dan Kepala Desa beri perhatian khusus program ini dengan pengawasan melekat ( waskat,red) sehingga letupan api sekecil apapun bisa terdeteksi dan di padamkan ( masalah )

—– Media is the Partner and Control Sociality —–

Jurnalis
Mohammad Riyadi
Biro Brebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here