Apa Itu Adat Istiadat Tertulis Dan Tidak Tertulis

Adat istiadat yang sebenarnya Adat Adalah adat yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh waktu, dipindah tidak layu, dibasuh habis air.

Artinya, semua ketetapan yang ada di alam ini memiliki sifat-sifat yang tak akan berubah. Contohnya hutan gundul menjadi penyebab banjir, kejahatan pasti akan mendapat hukuman, kebaikan akan membuahkan kebahagiaan, dan seterusnya. Adat yang diadatkan ialah semua ketentuan yang berlaku di dalam masyarakat. Ketentuan-ketentuan ini dimodifikasikan oleh aturan yang berdasarkan sifat benda- benda di alam.

Warisan Budaya Indonesia Gunanya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat dalam hal ketertiban, perekonomian dan sosial budaya. Adat yang teradat yaitu aturan yang terbentuk berdasarkan musyawarah. Setiap kelompok masyarakat memiliki aturan dan tata cara yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Adat istiadat merupakan kebiasaan atau kesukaan masyarakat setempat ketika melaksanakan pesta, berkesenian, hiburan, berpakaian, olahraga, dsb.

Berikut Pengertian Adat Istiadat Tertulis Dan Tidak Tertulis :

  • Adat Istiadat Tertulis

Adat Istiadat Tertulis 

Contoh adat istiadat yang tertulis antara lain:

  1. Piagam-piagam raja (surat pengesahan raja, kepala adat
  2. Peraturan persekutuan hukum adat yang tertulis seperti penataran desa, agama desa, awig-awig (Peraturan Subang di Pulau Bali).
  • Adat Istiadat Tidak Tertulis

Adat Istiadat Tertulis 

Contoh adat istiadat yang tidak tertulis antara lain:

  1. Upacara Ngaben dalam kebudayaan Bali.
  2. Acara sesajen dalam masyarakat Jawa.
  3. Upacara selamatan yang menandai hidup seseorang dalam masyarakat Sunda.

Hukum Adat

Hukum Adat

Adat istiadat berasal dari kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Kemudian, kebiasaan tersebut diturunkan dari generasi ke kegenerasi. Setelah adat muncul hukum adat yang berkembang dari tradisi masyarakat. Hukum adat berbeda dengan hukum tertulis dalam hukum negara.

Menurut Van Vollenhoven, hukum adat adalah keseluruhan aturan tingkah laku masyarakat. Aturan ini berlaku dalam daerah tertentu dan ada sanksi yang sesuai. Pengertian dari Ter Haar, hukum adat adalah keseluruhan peraturan yang menjelma dalam keputusan adat dan berlaku. Definisi hukum adat menurut para ahli ini dapat disimpulkan bahwa hukum adat adalah norma atau peraturan tidak tertulis. Pembuatan aturan ini berfungsi mengatur tingkah laku masyarakat dan ada sanksinya.UUD 1945 mengatur hukum adat dalam pasal 18B ayat (2).

Dalam isi pasal yaitu “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang.”

Negara mengakui adanya hukum adat sebagai sistem hukum di Indonesia. Menurut Perda Kabupaten Tojo Una-Una tentang Pemberdayaan Pelestarian Adat dan Pembentukan Lembaga Adat, hukum adat adalah hukum yang benar-benar hidup dalam kesadaran hati nurani warga masyarakat dan tercermin dalam pola-pola tindakan mereka sesuai dengan adat istiadat dan pola-pola sosial budayanya yang tidak bertentangan dengan kepentingan daerah dan nasional.

Hukum adat sering pula disebut sebagai hukum yang hidup dalam masyarakat (living law). Hukum adat mempunyai nilai-nilai yang dianggap sakral atau suci. Adat istiadat menunjukkan bentuk, sikap, tindakan manusia pada masyarakat hukum adat untuk mempertahankan adat yang berlaku di lingkungannya.

Kesimpulan

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki adat istiadat nya masing-masing. Oleh sebab itu, tak salah jika Indonesia dikenal dengan keanekaragaman budayanya. Jadi, sudah seharusnya bagi masyarakat Indonesia untuk saling menghargai.

Adat istiadat bisa saja punah apabila generasi dari yang lebih muda, tidak ada yang melestarikannya. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi semua lapisan masyarakat Indonesia berusaha untuk menjaga kelestarian adat Indonesia. Dengan begitu, adat bisa bertahan lebih lama, sehingga anak cucu nanti masih bisa melihat atau berpartisipasi dalam kegiatan adat yang ada di suatu daerah. Demikian pembahasan tentang pengertian adat hingga contohnya.

Gunanya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat dalam hal ketertiban, perekonomian dan sosial budaya. Adat yang teradat yaitu aturan yang terbentuk berdasarkan musyawarah. Setiap kelompok masyarakat memiliki aturan dan tata cara yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Adat istiadat merupakan kebiasaan atau kesukaan masyarakat setempat ketika melaksanakan pesta, berkesenian, hiburan, berpakaian, olahraga, dsb.

Adat istiadat yang sebenarnya Adat Adalah adat yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh waktu, dipindah tidak layu, dibasuh habis air. Artinya, semua ketetapan yang ada di alam ini memiliki sifat-sifat yang tak akan berubah.

Leave a Comment