...
Teknologi

Beli iPhone 12 di Tahun 2024, Apakah masih Worth It?

iPhone 12 di Tahun 2024 – Membeli model iPhone yang lebih lama sering dianggap sebagai “jalan ninja” untuk tampil bergaya. Meski begitu, ada berbagai alasan mengapa seseorang tertarik pada iPhone di tahun 2024. Sebagian melihatnya sebagai keputusan yang cerdas.

Alasannya cukup masuk akal, di mana kualitasnya masih baik sementara harganya telah turun. Pertanyaannya kemudian muncul, “iPhone 12 di tahun 2024?” Salah satu opsi yang muncul adalah iPhone 12. Dikabarkan memiliki kualitas tangkapan kamera yang hebat dan mampu bersaing dengan model iPhone yang lebih baru.

Apakah benar demikian? Dan apakah ada alasan lain yang dapat menjadi pertimbangan untuk membeli iPhone 12? Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Rangkuman kelebihan dan kekurangan HP ini di tahun 2024 dapat ditemukan dalam tabel berikut.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, baca artikel ini hingga selesai. Sebagai pengantar, mari kita lihat spesifikasi utama iPhone 12 di bawah ini.

Spesifikasi iPhone 12

Spesifikasi iPhone 12
Spesifikasi iPhone 12
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 2815 mAh

Alasan Apakah Masih Worth It iPhone 12 di Tahun 2024

Tidak harus selalu memilih model terbaru saat membeli iPhone. Selama mampu memenuhi kebutuhan Anda, model yang lebih lama pun sudah cukup. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat iPhone 12 masih menjadi pilihan yang baik.

1. Desain yang Cocok dan Tetap Relevan

Desain yang Cocok dan Tetap Relevan
Desain yang Cocok dan Tetap Relevan

iPhone 12 tidak sekecil iPhone 12 mini atau iPhone SE 2020, namun masih lebih kompak dibanding iPhone 12 Pro Max yang ukurannya besar. Bagi sebagian orang, dimensi iPhone 12 dianggap pas.

Ukurannya membuatnya mudah dimasukkan ke saku celana dan nyaman saat digenggam. Dengan bobot hanya 164 gram, HP ini tergolong ringan dan tidak akan membuat pemakainya lelah.

Namun, pengguna perlu beradaptasi jika sebelumnya terbiasa dengan ponsel yang memiliki frame atau rangka melengkung. iPhone 12 menggunakan rangka flat dengan sudut-sudut yang tajam.

Dalam hal desain, iPhone 12 tidak terlihat ketinggalan zaman. Setidaknya, masih memiliki kemiripan dengan iPhone 13 dan iPhone 14. Bagian belakangnya menggunakan kaca, layarnya memiliki model poni, dan mengusung penataan kamera ala “boba”.

Satunya perbedaan terletak pada posisi lensa kamera belakang. Sementara iPhone 13 dan iPhone 14 memiliki tata letak diagonal (bersilang), kamera iPhone 12 disusun secara sejajar. Kesimpulannya, desain iPhone 12 tetap menarik untuk dipertontonkan di lingkaran pertemanan Anda.

2. Layar yang Tetap Bersinar

Layar yang Tetap Bersinar
Layar yang Tetap Bersinar

Layar menjadi aspek berikutnya yang membuat iPhone 12 masih menjadi pilihan yang baik. Layar Super Retina XDR OLED pada ponsel ini mampu menyajikan visual yang tajam dan terang. Dengan ukuran 6,1 inci, layarnya memiliki resolusi 1170 x 2352. Jika resolusi ini dibagi dengan ukuran layar, hasilnya adalah kerapatan piksel sebesar 460 ppi.

Kemampuan kecerahan layar HP ini mencapai 625 nit di luar ruangan, dan bahkan mencapai 1200 nit saat menampilkan konten berkualitas tinggi (HDR). Dengan tingkat kecerahan minimal 500 nit, layarnya tetap jelas di bawah sinar matahari yang terang.

Layar ini dilindungi oleh Ceramic Shield, memberikan perlindungan yang lebih dari cukup untuk pengalaman multimedia. Dengan sertifikasi Widevine L1, Anda dapat menonton film Netflix pada resolusi tertinggi. Bahkan video HDR di YouTube dapat ditampilkan dengan baik.

Layar HP ini juga sangat cocok untuk keperluan content creation seperti pengeditan video. Cakupan warnanya mencapai 114,5% sRGB dalam pengujian Tom’s Guide, memenuhi syarat untuk keperluan content creation dengan cakupan warna minimal 100% sRGB.

3. Speaker yang Kuat

Layar yang berkualitas membutuhkan dukungan dari speaker yang lantang agar pengalaman multimedia semakin maksimal. Apple telah menyematkan speaker dengan konfigurasi stereo pada iPhone 12. Speaker utamanya terletak di dekat colokan pengisian, sementara speaker sekunder terintegrasi dengan earpiece.

Menurut pengujian GSM Arena, speaker iPhone 12 diketahui memiliki kelantangan suara yang sangat baik dengan skor mencapai -24.4 LUFS (Loudness Unit Full Scale). Bahkan, iPhone 12 dapat mengungguli beberapa HP yang lebih baru, seperti iPhone 13 (-25.5 LUFS), iPhone 14 (-25.2 LUFS), Samsung Galaxy S23 (-27.0 LUFS), dan ASUS Zenfone 9 (-26.7 LUFS). Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa TWS, karena kualitas suara dari speaker iPhone 12 terjamin. Treble, bass, dan vokalnya semuanya berkualitas.

4. Kualitas Tangkapan Kamera yang Baik

iPhone 12 mungkin tidak cocok untuk mereka yang gemar melakukan zoom fotografi, karena konfigurasi kamera belakangnya tidak mencakup kamera telefoto. Sederhana saja, hanya terdapat kamera utama (f/1.6) dan kamera ultrawide (f/2.4).

Kedua kamera memiliki resolusi 12 MP. Kamera utama dilengkapi dengan autofokus dan OIS. Sementara itu, kamera depannya juga memiliki resolusi 12 MP (f/2.2). Meskipun resolusinya terlihat kurang mengesankan dibandingkan dengan beberapa HP Android terkini, semua kamera pada iPhone 12 mampu merekam video hingga resolusi 4K 60 fps. Hal ini sangat cocok untuk keperluan dokumentasi pribadi atau konten di media sosial. Keunggulan pengambilan video yang merata di semua kamera masih menjadi keunikan di banyak flagship Android.

Lebih lanjut, hasil tangkapan kamera iPhone 12 tetap bagus. Dalam pengujian oleh kanal YouTube Sadapin Tekno, kamera HP ini memberikan hasil yang baik baik dalam kondisi pencahayaan yang cukup maupun dalam kondisi low light. Warna yang natural, rentang dinamis yang luas, dan detail yang baik.

Video yang dihasilkan memiliki kualitas mirip dengan foto. Rekaman terlihat stabil, dan pengguna dapat beralih antar kamera dengan mudah saat merekam. Satu-satunya masalah mungkin terletak pada perlunya penyesuaian manual tingkat kecerahan jika fitur otomatisnya kurang akurat. Untuk melihat contoh hasil tangkapan kameranya, Anda dapat melihat di artikel tentang kelebihan dan kekurangan iPhone 12.

5. Kinerja Harian yang Handal

iPhone 12 ditenagai oleh SoC Apple A14 Bionic. SoC ini dibuat dengan fabrikasi 5 nm oleh TSMC dan memiliki enam core CPU serta empat core GPU. CPU terdiri dari dua core performa Firestorm (3,1 GHz) dan empat core efisiensi Ice Storm (1,8 GHz).

SoC A14 Bionic didukung oleh RAM sebesar 4 GB dan penyimpanan berbasis NVMe dengan berbagai kapasitas, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Meskipun jumlah core dan RAM terlihat lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa flagship HP yang dirilis pada tahun 2023, iPhone 12 tetap menunjukkan kinerja yang mulus dalam pengujian oleh kanal YouTube Sadapin Tekno dan Kuliah Sore. Buka-tutup aplikasi dan perpindahan antar aplikasi berlangsung cepat tanpa hambatan, memberikan pengalaman pengguna yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Bagaimana dengan kinerja dalam gaming? iPhone 12 mampu menjalankan Genshin Impact dengan lancar pada setelan grafis maksimal! Meskipun demikian, sebaiknya hindari bermain game dengan HP ini di luar ruangan saat siang hari, karena dapat menyebabkan keterlambatan, lag, dan pemanasan bodi ponsel. Disarankan untuk menggunakan kipas eksternal atau bermain game di ruangan ber-AC.

Sebagai informasi tambahan, skor AnTuTu 9 iPhone 12 berada di kisaran 680 ribuan. Sementara itu, skor single-core dan multi-core di GeekBench 5 masing-masing berada di kisaran 1600 dan 4000.

6. Dukungan Pembaruan Perangkat Lunak yang Panjang

Salah satu faktor yang mendorong orang untuk membeli iPhone yang lebih lama adalah jaminan pembaruan perangkat lunak yang panjang. Umumnya, Apple memberikan pembaruan hingga lima tahun setelah peluncuran suatu iPhone. Bahkan, dalam beberapa kasus, seperti iPhone 6s, dukungan pembaruan dapat mencapai 6 tahun!

iPhone 12 diluncurkan dengan sistem operasi versi 14.1 saat dirilis di Indonesia pada Desember 2020. Berdasarkan rekam jejak Apple, kemungkinan besar iPhone 12 akan terus menerima pembaruan sistem operasi hingga mencapai iOS 19 atau lebih. Ini belum termasuk pembaruan keamanan yang tetap diberikan setelah pembaruan sistem operasi iPhone 12 mencapai batas tertentu. Sebagai contoh, iPhone 5s yang dirilis pada tahun 2013 masih mendapatkan pembaruan keamanan pada Januari 2023 melalui iOS 12.5.7. Hal ini menunjukkan bahwa iPhone tersebut tetap mendapat dukungan hingga hampir mencapai 10 tahun.

7. Mendukung Jaringan 5G

Walaupun infrastruktur jaringan 5G di Indonesia belum sepenuhnya siap saat iPhone 12 diluncurkan, perangkat ini sudah dilengkapi dengan modem 5G. Fungsinya pada awalnya dikunci dan baru dapat digunakan setelah jaringan 5G tersedia secara luas. Pada tahun 2021, berbagai operator telekomunikasi di Indonesia mulai meluncurkan layanan 5G.

Pemilik iPhone 12 dapat menikmati layanan 5G di kota-kota yang telah tercover, dengan syarat melakukan pembaruan sistem operasi minimal ke iOS 15.3. Versi iOS tersebut mengaktifkan modem 5G pada iPhone 12.

iPhone 12 merupakan perangkat Apple pertama di Indonesia yang mendukung jaringan 5G. Ponsel ini dapat menangkap sinyal 5G di Indonesia karena kompatibel dengan band n40 (frekuensi 2300 MHz) dan band n3 (frekuensi 1800 MHz).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.