Pengertian Adat Istiadat Menurut 5 Ahli Adat

Indonesia adalah negara budaya. Pengertian adat istiadat dari setiap daerah, mempunyai beragam adat istiadat yang masih dilestarikan saat ini.

Adat istiadat dilakukan sesuai dengan kebiasaan masyarakat sekitar, dan dari sinilah kekayaan warisan budaya Indonesia semakin terasa.
Setiap suku mempunyai adat dan tradisi yang berbeda. Sebagai contoh, tradisi masyarakat Jawa berbeda dengan tradisi masyarakat Bali, bahkan Papua. Ada baiknya Anda mengenal berbagai tradisi dan adat yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia agar tradisi tersebut tidak mudah diklaim sebagai budaya negara lain.

PENGERTIAN ADAT ISTIADAT

Secara umum, adat istiadat merupakan sikap serta kelakuan seseorang yang telah diikuti oleh orang lain dalam suatu jangka waktu yang cukup lama. Adat istiadat idealnya mampu mencerminkan jiwa dan kepribadian suatu masyarakat. Pengertian ini masih sangat luas sehingga masih harus didefinisikan secara lebih spesifik.
Selain pengertian tersebut, ada pula beberapa pengertian adat istiadat menurut para ahli.

Berikut Ini Pengertian Adat Istiadat menurut Para Ahli :

  • Pengertian Adat Istiadat – Jalaludi Tunsam

Pengertian Adat Istiadat - Jalaludi Tunsam

Jalaludi Tunsam, dalam tulisannya menyatakan bahwa adat berasal dari bahasa Arab “adah” yang berarti kebiasaan atau cara. Sedangkat adat istiadat bermakna suatu gagasan yang mengandung nilai kebudayaan, kebiasaan, norma, serta hukum yang lazim dilakukan oleh masyarakat suatu daerah. Apabila adat tidak dipatuhi, ada sanksi tertulis maupun tidak tertulis.

  • Pengertian Adat Istiadat – Koen Cakraningrat

Pengertian Adat Istiadat - Koen Cakraningrat

Menurut Koen, adat merupakan suatu bentuk perwujudan kebudayaan yang digambarkan sebagai tata kelakuan. Adat juga merupakan norma atau aturan tidak tertulis namun keberadaannya sangat kuat dan mengikat. Siapapun yang melanggarnya akan dikenai sanksi yang cukup berat.

  • Pengertian Adat Istiadat – Harjito Notopura

Pengertian Adat Istiadat - Harjito Notopura

Harjito menyampaikan bahwa hukum adat merupakan hukum yang tidak tertulis, dengan ciri khas yang menjadi pedoman kehidupan masyarakat dalam menyelenggarakan keadilan serta kesejahteraan masyarakat.

  • Pengertian Adat Istiadat – Raden Soepomo

Pengertian Adat Istiadat - Raden Soepomo

Hampir sama dengan pendapat Harjito Notopura, Raden Soepomo berpendapat bahwa hukum adat merupakan sinonim dari hukum tidak tertulis yang terdapat dalam peraturan legislative. Hukum hidup sebagai konvensi di badan hukum negara, dan hidup sebagai peraturan kebiasaan pada kehidupan di kota maupun desa.

  • Pengertian Adat Istiadat – SOEKANTO

Pengertian Adat Istiadat - SOEKANTO

Soekanto berpendapat bahwa adat istiadat mempunyai pengaruh dan ikatan yang kuat dalam masyarakat. Kekuatan mengikat tergantung pada masyarakat yang mendukung adat istiadat tersebut.

 

Adat istiadat adalah suatu hukum yang berlaku dalam sebuah negara atau keluarga masing-masing. Adat istiadat ini sangatlah bermakna dan pentingnya bagi orang Indonesia, karena memiliki norma-norma adat itu menjadi alasan bagi bangsa Indonesia untuk berfungsi sebagai suatu state civilisasi yang baik.

Salah satu norma adat yang terkenal yaitu pernikahan antara manusia biasa (tumpangan kerja) yang dilakukan secara tradisional. Karena itu, setiap orang di Indonesia harus memiliki kesabaran dan jujuritas untuk melakukan pernikahan ini dengan cara demokratis dan berkesinambungan.

Adat istiadat adalah sebuah prinsip yang berkembang dari abad ke abad, terkait dengan nilai-nilai masyarakat Indonesia. Adat istiadat ini merupakan suatu harmonisasi antara ras dan etnik, serta berfungsi sebagai kendali atas perhitungan hukum bagi masyarakat Indonesia.

Berdasarkan UUD 1945, adat istiadat berlaku di Indonesia setelah berhasil menghapus penjajahan Belanda. Seperti dilansir dalam keterangannya di bawah ini, UUD 1945 menyebutkan bahwa “kebenaran dan keharmonisan adat istiadati” merupakan pentingnya bagi bangsa ini. Pemerintah tidak boleh menggugurkan hak semua orang untuk membentuk gereja dan mengikuti agama tertentu, baik agama Islam maupun Hindu; pemerintah juga harus memberikan perlindungan terhadap arsitektur tradisional dan perlindungan hukum bagi para ahli adat.

Selain itu, adat istiadat juga mengatur hal-hal lainnya seperti obyek diambil dari langit ataupun benda-benda tertentu. Oleh karenanya, semua orang di Indonesia harus mengetahuinya secara samar-samar agar tidak menimbulkan ketidaksejahteraan penduduk. Adat istiadat adalah suatu alihan kebiasaan hidup yang berkembang secara mutlak di Indonesia sejak dari zaman kuno hingga sekarang. Dalam beberapa periode tertentu, ia sering digunakan untuk menentukan pertentangan antara bangsa-bangsa dan untuk memperjuangkan hak-hak individu. Meski masih banyak yang belum tentu benar apa itu adat istiadat, tetapi tidak semua ahli bidangnya telah mengetahui betul bagaimana caranya mempelajari atau mengubah adat istiadat.

 

Leave a Comment